Cara Memandikan Burung Dengan Benar

Kicausejati.com | Banyak para kicau mania pemula yang bertanya bagaimana cara memandikan burung yang benar? Karena meskipun kedengarannya sepele, tetapi memandikan burung berkicau bahwasanya diharapkan teknik dan pengetahuan khusus, jadi tidak asal-asalan dalam memandikan burung. Karena kalau anda memandikan burung secara asal-asalan, kesudahannya tidak akan maksimal, dan parahnya justru sanggup menjadikan burung anda menjadi stress, sehingga tidak mau berkicau lagi.

 Banyak para kicau mania pemula yang bertanya bagaimana  Cara Memandikan Burung Dengan Benar

Burung yang sehat yaitu burung yang dimandikan setiap pagi dan dibersihkan kandangnya serta diganti pakan dan air minum setiap hari. Karena yang butuh mandi bukan hanya insan saja, hewan pun juga butuh mandi, khususnya burung. Burung yang rajin dimandikan akan lebih fresh, bulu-bulunya terjaga dengan baik, dan yang paling penting yaitu rajin berkicau, alasannya yaitu memelihara burung berkicau pada dasarnya yaitu untuk didengarkan kicauan indahnya.

Memandikan burung itu tidak perlu menunggu hingga burung kotor terlebih dahulu, tetapi sebaiknya dilakukan setiap hari, atau paling usang 2 kali dalam satu minggu. Karena kalau burung jarang dimandikan, burung akan gampang terjangkit virus dan penyakit menyerupai kutu, tungau, dan lain sebagainya, yang kemungkinan besar juga sanggup membahayakan si pemelihara burung (anda).
Baca juga: Cara terapi mandi malam untuk burung berkicau
Selain rutin memandikan burung, anda juga harus rajin membersihkan sangkar burung dari kotoran setiap pagi, jangan lupa juga untuk mengganti air minum dan mengganti atau menambahkan voer (pakan burung) biar kebersihan dan kesehatan burung serta kesehatan lingkungan rumah anda selalu terjaga.

Cara memandikan burung dengan benar

Pada dasarnya ada dua macam cara memandikan burung yang baik, yaitu pertama dengan cara disemprot dan yang kedua dengan cara mandi karamba. Tapi untuk kesempatan kali ini saya hanya akan membahas cara memandikan burung dengan disemprot, sedangkan untuk cara memandikan burung dengan karamba akan saya bahas pada posting selanjutnya.

1. Waktu yang sempurna untuk memandikan burung yaitu sekitar pukul 07.00 - 08.00 atau tergantung cuaca, kalau cuaca masbodoh dan mendung, burung boleh dimandikan agak siang saat matahari sudah mulai tampak, biar burung tidak merasa kedinginan.

2. Bersihkan sangkar dari kotoran burung yang menempel, baik itu kotoran didasar sangkar maupun kotoran yang melekat pada tangkringan dan jeruji kandang.

3. Siapkan semprotan air yang sudah diisi penuh dengan air bersih

4. Keluarkan cepuk wadah pakan dan wadah minuman dari dalam sangkar, biar voer tidak tercemar dengan air.

5. Semprotkan air pada burung secara perlahan dengan setelan embun, jangan menyemprot dengan setelan kasar, alasannya yaitu sanggup menciptakan burung takut dan menyakiti atau merusak bulu burung.

6. Semprotkan air dari atas beberapa semprot terlebih dahulu hingga burung agak basah, kemudian biarkan burung didis/ menggaruk-garuk bulu dengan paruhnya. Teknik memandikan air dari atas ini bertujuan biar burung merasa nyaman dan tidak takut dengan air, selain itu juga untuk mengurangi resiko air masuk kedalam mata dan hidung burung.

7. Setelah itu semprot kembali burung dari atas hingga kepala dan punggung burung menjadi berair dan lepek, gres kemudian cobalah menyomprot dari arah depan, samping, dan belakang burung untuk membasahi dada, ekor, dan kaki burung secara merata.

8. Dalam memandikan burung jangan tanggung-tanggung, artinya burung harus benar-benar puas hingga berair dan lepek. Untuk memandikan burung yang benar, idealnya paling tidak harus menghabiskan 1-2 botol spray penyemprot.
Baca juga: Cara terapi mandi sauna burung
Satu lagi yang perlu diperhatikan yaitu jarak antara burung dengan semprotan harus benar-benar diperhatikan, jarak idealnya yaitu sekitar 1 meter dengan setelan embun. Jika terlalu bersahabat dan setelan terlalu berangasan sanggup menimbulkan burung stress berat dan ketakutan, sehingga setiap hendak dimandikan akan takut dan ngelabak kesana kemari.

Ketika memandikan burung, anda harus sabar dan jangan terburu-buru. Biarkan burung menikmati semprotan air secara perlahan, sehingga burung akan menjadi lebih jinak dan merasa bahwa ada selaku pemilik benar-benar menyayanginya.

Itulah tips cara memandikan burung dengan benar yang sanggup saya share, semoga teknik ini bermanfaat bagi anda yang selama ini belum mengetahui bagaimana cara memandikan burung yang benar. Salam kicau mania..
Comments