Cara Menciptakan Tepung Jangkrik Untuk Burung Kicauan

Cara Membuat Tepung Jangkrik Untuk Burung Kicauan Cara Membuat Tepung Jangkrik Untuk Burung Kicauan
Kali ini kami akan membuatkan tips cara menciptakan tepung jangkrik untuk burung pleci, burung kenari dan banyak sekali jenis burung kicauan lainnya. Sebenarnya cara membuatnya sudah pernah disampaikan oleh rekan kicaumania di lembaga namun disini aku akan mencoba menciptakan rinciannya sehingga lebih gampang di mengerti oleh kicaumania pemula.

Berikut yaitu tahapan yang perlu anda ikuti untuk menciptakan tepung jangkrik:

  1. Peratalan yang dipakai berupa: wajan/penggorengan yang bersih, blender untuk menggiling dan stoples higienis untuk penyimpanan tepung jangkrik. 
  2. Bahan yang diharapkan untuk membuat tepung jangkrik yaitu 1 ons jangkrik alam/bisa hasil ternakan namun bukan jenis jangkrik kalung. Lalu pilih yang belum keluar sayapnya atau tanpa sayap semoga nantinya tidak seret dikala dimakan oleh burung.  

Cara Membuat Tepung Jangkrik

  • Jangkrik segar di gongseng/sangrai hingga berwarna kecoklatan (setengah matang)
  • Kemudian jangkrik yang sudah di gongseng/sangrai didinginkan sebentar
  • Jangkrik yang sudah hirau taacuh kemudian di blender hingga berbentuk cincang (kasar)
  • Kemudian jangkrik yang sudah di blender tadi di gongseng/sangrai lagi sampe benar-benar kering 
  • Jangkrik yang sudah matang kemudian di dinginkan, kemudian di blender lagi hingga benar-benar halus dan menjadi tepung.
  • Jangkrik yang sudah menjadi tepung, kemudian di angin-anginkan untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam stoples.

Cara Penyajian Tepung Jangkrik Untuk EF Burung Kicauan

  • Tepung jangkrik untuk EF burung kicauan boleh disajikan secara terpisah atau memakai cepuk berbeda, dan diatasnya dikasih jangkrik yang sudah dipotong potong. Ini bertujuan semoga burung terbiasa makan tepung jangkrik secara terpisah. 
  • Cara lainnya dapat dengan meracik sajian makan sendiri, menyerupai mencampur tepung jangkrik dengan masakan lain (voer). #ariesmunandi.
Comments