Cara Mengatasi Burung Cendet Galak

Burung cendet secara alamiah memang mempunyai sifat predator yang kuat. Seperti kebanyakan predator lain, sifat galak atau gahar itu kadang muncul pada burung cendet meski udah kita piara semenjak kecil atau anakan atau bakalan.

Sering terjadi burung cendet suka nyerang dan mematuk tangan dikala diberi pakan. Nyebelin kan? Dengan paruhnya yang tidak mengecewakan tajam, tentu sanggup bikin sakit tangan orang yang hendak ngasih makan, bahkan si empunya sendiri.  Burung cendet jadi super agresip. Sebenarnya ada beberapa faktor yang menjadikan burung cendet jadi galak. Pertama, sebab memang lagi lapar. Kedua, lagi stress. Dan ketiga, si burung cendet lagi OB (over birahi). Nah, untuk mengatasi kegalakan burung cendet ini tentu penanganannya berbeda, tergantung faktor penyebabnya.

Berikut Cara Mengatasi Burung Cendet Galak, dan penanganannya secara umum tanpa melihat faktor penyebab si burung cendet yang super agresif.

 secara alamiah memang mempunyai sifat predator yang berpengaruh Cara Mengatasi Burung Cendet Galak

Pertama, Pemandian Yang Tepat

Lakukan pemandian pada burung cendet dengan sempurna dan benar. Saat ingin mengambil wadah pakannya berikan dulu 1 ekor jangkrik biar si burung makan jangkrik dan tidak mematuk tangan Anda. Setelah wadah diambil lalu burung dimandikan hingga berair kuyup. Karena umumnya, dikala berair sudah niscaya burung tidak akan mematuk tangan lagi, sehingga Anda dengan leluasa dan gampang sanggup mengambalikan wadah pakan dan minum ke sangkar.

Kedua, Pasang Serutan Rafia

Burung yang mematuk atau nyucukan sanggup dikendalikan dengan memberi mainan berupa tali rafia yang diserut dan digantung di sangkar. Ikatlah serutan rafia pada salah satu penggalan kandang biar si burung cendet yang suka nyucuk itu bermain dengan rafia tadi, biarkan hingga ludes, maka usang kelamaan burung tidak akan galak lagi.

Ketiga, Isolasi atau Jauhkan dari Burung Kecil

Sifat predator burung cendet muncul kalau di dekatnya ada burung kecil. Bila setiap hari terbiasa bersahabat dengan burung kecil maka burung cendet juga sanggup menjadi galak, sifat alamiahnya sebagai predator muncul. Untuk itu gantunglah burung cendet Anda sendirian atau diisolasi / diasingkan. Untuk pemasteran tetap sanggup dilakukan dengan cara dikerodong atau dipisahkan dengan sekat.

Demikian tiga Cara Mengatasi Burung Cendet Galak. Mudah-mudahan sehabis Anda coba dan merawat burung cendet dengan baik, sifat galak dan over garang si burung cendet kesayangannya sanggup diredam, sehingga si burung lebih fokus kembali pada suara, berilmu berkicau dan burung cendet jadi gacor lagi.
Comments