Cara Mengatasi Burung Cendet Macet

 termasuk cendet sering kali mengalami mogok bersuara Cara Mengatasi Burung Cendet Macet

Sebagian burung pada umumnya, termasuk cendet sering kali mengalami mogok bersuara. Kondisi ini tentu saja sangat meresahkan pemeliharanya, apalagi jikalau sahabat yaitu orang yang gres dalam memelihara burung predator ini. Niat hati ingin menikmati suaranya yang merdu, namun apa daya jikalau burung tersebut mogok bernyanyi. Cendet tiba-tiba tidak bergairah, hanya miyik atau bunyi menyerupai sura anak burung pada umumnya & membuatkan bulu-bulunya. Jika hal ini hingga terjadi pada burung cendet sobat, sahabat harus segera mencari tahu penyebabnya. Ok kita eksklusif saja, dari besar kemungkin penyebab burung cendet kita macet bunyi dapat disebabkan oleh banyak hal, beberapa diantaranya:

Penyebab burung cendet macet
  1. Penyebab utamanya burung cendet macet karna stres, menyerupai sangkar terjatuh, diganggu atau di terkam kucing/tikus, ganti sangkar, ganti tenggeran/pangkringan, ganti majikan, dll.
  2. Penyebab kedua dalam hal ini dapat terjadi lantaran kalah mental, menyerupai kalah ketika di trex atau mendengar bunyi burung lain atau sejenis yang lebih gacor atau lebih keras power/volumenya.
  3. Cendet juga berpotensi menjadi macet jikalau terjadi perubahan pada setelan hariannya, menyerupai mengganti merek voer, pinjaman jumlah jangkrik, atau Extra Fooding lainnya menyerupai UH (ulat hongkong) atau UK (ulat kandang).
  4. Kadang cendet juga dapat menjadi macet jikalau hendak memasuki masa mabung atau ngurak.
Cara mengatasi burung cendet macet
Beberapa kondisi diatas sangat berpontensi menyebabkan cendet yang sebelumnya gacor dapat tiba-tiba berhenti bersuara. & selain penyebab yang terakhir, cendet yang macet harus diatasi dengan baik & segera. Adapun caranya ialah sebagai berikut:
  • Karantina- Pertama-tama jikalau burung cendet sahabat macet, sahabat harus mengasingkan cendet tersebut dari burung lainnya, terutama burung sejenis. Jangan hingga cendet tersebut mendengar apalagi melihat burung lain. Sebab, jikalau hingga mendengar bunyi burung lain, terutama burung sejenis, dapat menciptakan mental cendet semakin drop. Karenanya, karantinalah burung cendet sahabat untuk beberapa hari kedepan. Tempatkan pada ruangan yang sepi & jauh dari lalu-lalang manusia.
  • Genjot dengan EF- Selain diasingkan burung cendet yang macet tersebut, dapat sahabat berikan EF (extra fooding) sepuasnya, berupa jangkrik & kroto. Kroto dapat sahabat berikan setiap hari pada pagi hari. Takaran pinjaman kedua EF ini dilakukan sebanyak mungkin, hingga burung cendet sahabat merasa puas sehingga hanya sedikit kemungkinannya makan voer. Hal ini bertujuan supaya birahi cendet tersebut dapat cepat naik pada level yang normal, sehingga memungkinkan cendet sahabat dapat berbunyi lebih cepat.
  • Terapi mandi malam- Sobat juga dapat menerapkan terapi mandi malam pada burung cendet yang tiba-tiba macet bunyi tersebut. Caranya, mandikan cendet pada malam hari antara jam 19.00 hingga jam 10 malam. Dalam memandikannya, burung dihentikan disemprot hingga terlalu basah/kuyup, yang penting basah. Karenanya, gunakan setelan embun pada sprayer sobat. Setelah itu, angin-anginkan terlebih dahulu cendet sahabat kemudian berikan jangkrik sepuasnya. Setelah kering, cendet sahabat dapat dimasukan kembali ke dalam rumah. Lakukan terapi ini hingga burung sahabat kembali gacor.
  • Terapi pengembunan- Pengembunan pada burung berkicau, termasuk cendet, dapat menumbuhkan hasratnya untuk berkicau. Hal ini disebabkan lantaran pengembunan dapat mengembalikan naluri alamiah burung cendet pada suasana alam, sehingga dapat memicu birahi cendet. Lakukan terapi pengembunan ini hingga burung sahabat gacor kembali.
 Cara Mengatasi Burung Cendet Galak
 Cara Merawat Burung Cendet Anakan Trotolan
Comments