Cara Mengatasi Cucak Jenggot Over Birahi

Halo sobat, Kali ini kami akan membahas salah satu burung jenis Cucak, yaitu Cucak jenggot. Sebagaiman pertanyaan dari teman-teman kicau mania yang menanyakan bagaimana cara mengatasi burung cucak jenggot yang OB (Over Birahi, dan kali ini kami akan membahasnya itu Cara Mengatasi Cucak Jenggot Over Birahi. Yup, kita pribadi saja ya.

 Kali ini kami akan membahas salah satu burung jenis Cucak Cara Mengatasi Cucak Jenggot Over Birahi

Over Birahi merupakan siklus alami pada semua jenis burung tak terkecuali burung cucak jenggot, penyebab dari Over Birahi itu sendiri dan drop ini tak lain ialah tunjangan pakan yang berlebihan/kurang serta rujukan perawatan yang salah atau tanda-tanda alami atau juga hasrat sexsual pada cucak jenggot. Burung cucak jenggot yang mengalami over birahi, terutama dalam kondisi berat, sering mengalami aneka tanda-tanda yang merugikan. Mulai dari tidak mau bunyi, nakal, atau sering menyakiti diri sendiri dengan mencabuti bulu-bulunya, terutama pada bulu potongan ekornya.

Nah dalam hal ini perawatan cucak jenggot yang over birahi merupakan hal yang memang rumit dan menjadi duduk masalah yang cukup melelahkan bagi para penghobi cucak jenggot dan bisa menguras hati dan pikiran. dalam hal ini perawatan yang harus diperhatikan untuk mengatasi cucak jenggot over birahi ialah dengan cara beriku ini :


  • Jangkrik sanggup menambah birahi pada burung cucak jenggot jadi ketika cucak jenggot Anda sedang jatuh cinta maka sebaiknya mengurangi tunjangan jangkrik selama satu ahad penuh dan lihat perkembangannya. Apabila dalam satu ahad kondisi cucak jenggot Anda masih over birahi maka sebaiknya isolasi cucak jenggot Anda di daerah yang tenang, Pisahkan dari burung jenis lain terutama lawan jenisnya untuk meredam, sehingga menciptakan cucak jenggot milik Anda menjadi lebih over birahi.
  • Langkah kedua berikan ulat bambu sebanyak 1 ekor setiap harinya di pagi hari dan lakukan juga ini selama satu ahad penuh. Jika dalam waktu satu ahad cucak jenggot Anda masih dalam kondisi yang over birahi maka sebaiknya hentikan tunjangan voer dan ganti dengan buah-buahan alami menyerupai pisang kepok. Jadikan pisang kepok menjadi pakan utama selama satu ahad penuh.
  • Jika dalam kondisi normal cucak jenggot Anda hanya dimandikan pagi saja atau sore saja, ketika over birahi usahakan cucak jenggot Anda intensitas mandinya harus ditambah menjadi 2 kali sehari atau 3 kali sehari hingga cucak jenggot Anda tidak mengambarkan lagi tanda-tanda over birahi.
  • Kurangi penjemuran cucak jenggot Anda jangan terlalu lama, jikalau cucak jenggot Anda biasanya di jemur 1-2 jam maka ketika dalam kondisi over birahi jemur cucak jenggot Anda tidak lebih dari 30 menit dalam sehari.
  • Untuk menurunkan over birahi pada cucak jenggot sebaiknya Anda mengolahragakan di sangkar umbaran lebih sering. Umbar cucak jenggot Anda sebanyak lima 5 kali dalam seminggu.
Demikianlah ulasan di atas ini kami sampaikan, semoga senantiasa bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih Anda sudah berkunjung, jikalau ada yang ingin di tanyakan silahkan tinggalkan pesan Anda di kolom komentar, atau ikuti Kicausejati.com di kolom yang sudah tersedia juga untuk mendapat ulasan-ulasan kami yang terbarukan secara geratis di kirim pribadi ke email Anda. Salam hobiku, sukses selalu.

Comments