Cara Menjinakan Burung Jalak

Cara menjinakan burung jalak yang kami sajikan dapat berjalan lancar apabila burung peliharaan teman masih muda atau anakan. Namun, bila burung peliharaan teman sudah tua, mungkin waktu penjinakannya akan lebih usang bahkan tak akan dapat maksimal. Semua tergantung perjuangan teman dan kharakter burung jalak milik sobat.

Cara menjinakan burung jalak yang kami sajikan dapat berjalan lancar apabila burung pelihar Cara Menjinakan Burung Jalak

Berikut yang perlu teman perhatikan sebelum menjinakan burung.

6 Hal yang harus diperhatikan sebelum menjinakan burung

  1. Kondisi burung harus sehat dan dalam keadaan fit.
  2. Lingkungan daerah latihan atau daerah penjinakan sebisa mungkin terbebas dari gangguan hewan-hewan lain ibarat kucing, anjing, ayam, dan kendaraan bermotor, serta kegiatan manusia.
  3. Jangan melaksanakan latihan penjinakan burung pada siang hari alasannya burung gampang stres dan tidak mau berkonsentrasi pada latihan yang teman berikan.
  4. Jangan pula melaksanakan latihan penjinakan burung pada sore hari, alasannya burung gampang kehilangan kontrol pada ketika matahari akan terbenam. Jika ini dipaksakan maka burung kesayangan teman dapat mengalami gangguan pengelihatan.
  5. Kalau dapat melatih burung Jalak Kerbau atau Jalak Suren yang masih muda, alasannya dua jenis burung jalak tersebut mempunyai tingkat kercerdasan setara dengan burung paruh bengkok.
  6. Berikan makan sekali saja, yakni pada pagi hari. Intinya, 3-4 jam sebelum memulai latihan penjinakan, pakan burung harus dijauhkan dari burung Jalak. Soalnya, kondisi perut yang sedang lapar akan lebih gampang menciptakan burung menuruti perintah kita.
Setelah melaksanakan persiapan yang sudah dijelaskan di atas, Sobat harus melanjutkan ke tahap berikutnya, yakni tahap penjinakan burung yang ibarat sudah dijelaskan Omkicau.
Baca Juga: Cara Menjinakan Burung Love Brid
Tahap-tahap menjinakan burung Jalak

  • Perkenalan dengan memberi makan di telapak tangan
Burung Jalak dibiasakan berada diluar sangkar. Kalau dapat lepaskan burung Jalak di ruangan yang tertutup, contohnya di kamar atau di ruangan lainnya. Kemudian letakan kandang di lantai dan lepaskan burung Jalak sobat. Biarkan burung mengeksplorasi ruangan sambil panggil-panggil burung teman dengan nama panggilan kesukaannya.

Langkah selanjutnya, coba pancing burung Jalak teman dengan siulan dan memperlihatkan pakan berupa ulat Hong Kong atau voer di telapak tangan. Ini mungkin sedikit sulit, tapi biasakan memperlihatkan pakan dengan meletakan di telapak tangan biar burung Jalak cepat jinak.

Setidaknya cara tadi dilakukan selama beberapa hari (3-4 hari, 2-3 kali sehari) hingga burung peliharaan teman mau mengambil makan dari telapak tangan sobat. Kalau burung teman tidak mau makan, coba berikan pakan di lantai saja.

  • Melatih burung masuk sangkar
Setelah menjalankan latihan memperlihatkan pakan di telapak tangan, sekarang saatnya teman melatihnya masuk ke sangkar. Caranya, coba bersiul atau memakai kata-kata yang dapat dikenali burung sobat. Disamping itu, pancing burung teman memakai pakan kesukaan sambil tetap bersiul di belakang sangkar. Cara ini harus dilakukan secara rutin hingga burung teman mau masuk ke kandang ketika teman suruh.

  • Melatih burung di luar ruangan
Tahap ini memang sangat beresiko alasannya burung teman dapat kabur kapan saja. Namun, kalau teman yakin bahwa burung teman sudah jinak maka teman tak perlu khawatir. Sebagai tindakan pengamanan, sebaiknya ikat kaki burung dengan tali benang nilon.

Setelah di ikat, berdirilah dengan jarak 2-3 meter dari burung. Lalu, panggil burung sambil menandakan pakan berupa ulat Hong Kong, Jangkrik, atau voer. Jika burung mau mengikuti perintah sobat, maka jarak teman dengan burung harus di perjauh, misal 10 meter.

Ingat kaki tetap harus diikat dengan tali benang nilon. Tali boleh dilepas apabila burung sudah mau beberapa kali menghampiri teman walaupun jaraknya cukup jauh.

Demikianlah tadi Cara Menjinakan Burung Jalak. Memang cara penjinakan ini sangat berisiko, jadi harap berhati-hati, jangan hingga burung kesayangan teman lepas begitu saja. Terimakasih terlah menyimak arikel ini. Salam sukses selalu...
Baca Juga: Cara Menjinakan Burung Pleci
Comments