Skip to main content
×

Cara Merawat Burung Cucak Ijo Supaya Cepat Berkicau

Burung cucak ijo merupakan burung dengan warna keseluruhan bulunya yakni hijau. Burung kicau ini sedang terkenal dikalangan pencinta burung kicau dikala ini. Dengan gaya khas kicau ngetrok menciptakan para pecinta burung kicau semakin terpesona dan tertarik untuk memeliharanya. Namun jarang dari para pecinta burung kicau ini yang mengerti bagaimana cara merawat burung cucak ijo biar rajin berkicau.


Dalam membeli burung cucak ijo, sebaiknya para sahabat membeli dalam keadaan masih kecil. Dengan umur yang muda maka burung cucak ijo akan semakin gampang untuk dilatih dan harganya pun lebih murah daripada burung cucak ijo sampaumur atau cucak ijo yang sudah arif berbunyi.

Dalam merawat burung cucak ijo, yang perlu para sahabat pertahankan yakni konsisten dan tekun. Dengan perawatan yang benar dan semenjak umur burung cucak ijo masih muda akan menghasilkan cucak ijo yang benar-benar berkualitas dalam segi suara.

Yang pertama dalam merawat burung cucak ijo adalah, para sahabat harus menjinakan cucak ijo yang para sahabat punya. Setelah jinak, para sahabat harus memperhatikan pakan yang para sahabat berikan. Beri pakan berupa buah segar dan juga jangkrik, sebab jenis pakan tersebut sangatlah disukai oleh burung cucak ijo. Untuk burung cucak ijo yang masih muda sebaiknya berikan pisang gepok yang sudah di olesi madu dan didiamkan selama sehari. Untuk porsi jangkrik perhari 10 ekor dibagi menjadi 2 waktu makan yaitu pagi dan sore.

Langkah perawatan burung cucak ijo selanjutnya yakni dengan rutin memandikan dua kali sehari. Setelah dimandikan, diamkan cucak ijo maksimal 60 menit gres dapat dijemur. Burung yang dijemur akan memiliki nafas lebih panjang daripada burung yang jarang dijemur. Langkah terakhir biar burung cucak ijo lebih cepat berbunyi yakni dengan melaksanakan mastering. Mastering kicau yang dimaksud disini yakni dengan mendengarkan burung cucak ijo dengan suara-suara cucak ijo biar ditiru.

Para sahabat yang kini sedang berusaha merawat burung cucak ijo harus inget kuncinya, yaitu  dengan tekun dan konsisten. Semoga bermanfaat ya para sahabat hobiku.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar