Cara Terapi Mandi Malam Untuk Burung Kicau

Cara terapi mandi malam -Sahabat Kicau Sejati, bagi sebagian orang mungkin belum tahu atau belum terlalu faham dengan istilah terapi mandi malam burung, namun bagi kicau mania sejati pastilah sudah sangat terbiasa mengaplikasikan terapi mandi malam pada burung kesayangannya, lantaran memang hingga dikala ini terapi mandi malam burung masih dipercaya mempunyai banyak manfaat dan bisa meningkatkan performa burung kicauan anda.

Terapi mandi malam pada burung berkicau yakni sebuah teknik memandikan burung dimalam hari, antara pukul 8 hingga 10 malam. Anda niscaya bertanya-tanya kenapa kok burung dimandikan dimalam hari? apakah tidak sakit atau bahkan mati? Tentu saja tidak, lantaran terapi mandi malam burung ini berbeda dengan cara memandikan burung ibarat biasa disiang hari, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan sebelum melaksanakan terapi mandi malam, diantaranya yakni burung harus dalam kondisi sehat dan cuaca tidak sedang hujan.

 bagi sebagian orang mungkin belum tahu atau belum terlalu faham dengan istilah terapi man Cara Terapi Mandi Malam Untuk Burung Kicau

Terapi mandi malam ini sangat bermanfaat bagi burung berkicau, khususnya yang sedang dalam kondisi over birahi, burung yang sering mbagong, burung terlalu giras, dan burung yang akan dilombakan. Karena memandikan burung dimalam hari sanggup menstabilkan birahi dan merangsang bunyi burung supaya lebih ngeplong.

Cara terapi mandi malam burung bisa dengan cara disemprot atau mandi karamba, tergantung kebiasaan burung ketika mandi di siang hari, tetapi saya sarankan untuk disemprot saja, lantaran khusus untuk terapi mandi malam ini sebaiknya jangan terlalu berair atau hingga lepek, supaya burung tidak kedinginan yang justru bisa mengakibatkan kematian.

Terapi mandi malam untuk burung yang akan dilombakan bisa dilakukan 2 hari sebelum kompetisi, sedangkan terapi mandi malam untuk burung yang over birahi, stress, dan mbagongi bisa dilakukan secara rutin 2-3 kali dalam satu minggu, hingga kondisi birahi burung normal kembali.

Cara Terapi Mandi Malam Burung Berkicau

1. Mandikan burung kesayangan anda dengan cara disemprot atau mandi karamba antara pukul 8 hingga pukul 10 malam. Proses mandi tidak perlu lama-lama dan jangan terlalu berair ibarat ketika memandikan burung di siang hari, ini dimaksudkan supaya burung tidak terlalu kedinginan, lantaran pada malam hari tentu tidak ada sinar matahari, hanya memanfaatkan udara untuk mengeringkan bulu-bulu yang basah.

2. Mandikan burung pada ruangan tertutup dan dengan cahaya lampu terang, jangan melaksanakan terapi mandi malam diluar rumah atau dalam keadaan udara terbuka, dimana burung bisa terkena tiupan angin secara langsung.

 3. Setelah burung dimandikan berikan ekstra fooding berupa jangkrik, kroto, atau ulat hongkong secukupnya. Jangan terlalu banyak, kalau memakai EF jangkrik cukup berikan 3 ekor saja, kalau kroto cukup 1 sendok teh.

 4. Angin-anginkan burung kesayangannya kurang lebih 30 menit atau hingga bulu-bulu taampak kering, sambil biarkan burung memakan ekstra fooding yang anda berikan.

5. Ketika bulu burung sudah kering, segera kerodong dan berikan masteran hingga pagi hari.

6. Kombinasikan terapi andi malam ini dengan terapi embun pagi, yaitu dengan cara mengeluarkan burung pada dikala pagi buta atau sesudah shalat subuh. Kedua cara ini sangat efektif untuk menciptakan burung kesayangann anda menjadi lebih gacor dan siap untuk turun lomba.

Baca juga: Cara mengatasi burung cendet salto

Itulah cara terapi mandi malam burung berkicau yang sanggup saya bagikan kepada sahabat kicau-burung semua, semoga dengan terapi mandi malam ini burung berkicau kesayangan anda yang sedang over birahi atau sedang mbagong bisa kembali pada kondisi yang fit dan gacor door..


Comments