Ciri-Ciri Anakan Kenari Yang Baik Berkualitas Super

Ciri-ciri anakan kenari yang baik dan berkualitas -Memelihara dan mempunyai kenari berkualitas sanggup didapat dari membeli burung kenari yang sudah jadi, artinya sudah berkicau ngeroll dengan durasi yang panjang dan lagu yang baik, bahkan kalau perlu yang sudah sering ikut lomba dan sering menjadi juara, tapi tentu saja anda harus merogoh kocek lebih dalam lagi, lantaran kenari gacoan yang sudah jawara tentu harganya cukup mahal. Kaprikornus sebagai pemula, saya sarankan anda membeli kenari yang masih anakan lalu mencetak anakan kenari tersebut menjadi jawara. Selain harganya lebih murah, anda akan mendapat kepuasan tersendiri kalau sanggup mencetak kenari jawara sendiri dari materi kenari yang masih anakan.

Tapi kalau anda ingin mencetak kenari jawara sendiri, hal yang perlu diperhatikan adalah, anda harus mengetahui ciri-ciri anakan kenari yang baik dan berkualitas super. Sebab kenari jawara tentu bukan didapat dari burung kenari sembarangan, harus mempunyai ciri-ciri dan kelebihan yang dibawa semenjak lahir/ semenjak masih anakan. Anakan kenari berkualitas, kalau diberikan perawatan yang baik semenjak kecil tentu sanggup menjadi jawara ketika ia dewasa.

ciri anakan kenari yang baik dan berkualitas Ciri-Ciri Anakan Kenari Yang Baik Berkualitas Super

Anda sanggup membeli anakan kenari ombyokan dari peternak langsung, atau dari penjual kenari ombyokan lainnya. Masalahnya dalam menentukan anakan kenari yang baik dari sangkar ombyokan gampang-gampang susah, praktis bagi yang sudah tahu, dan sudah bagi yang belum tahu. Nah semoga anda tidak tertipu atau salah menentukan anakan kenari ombyokan, disini akan saya bagikan tips menentukan anakan kenari yang baik dan berkualitas super.
BACA JUGA: Cara membedakan anakan kenari jantan dan betina

Ciri-ciri anakan kenari yang baik/ anggun dan berkualitas super

Anakan kenari yang berkualitas super, selain sanggup dicetak menjadi jawara juga sanggup dijadikan indukan, semoga nanti keturunan atau anak dari kenari super tersebut juga menjadi kenari yang super, bahkan lebih super. Kaprikornus sangat penting sekali mengetahui ciri-ciri anakan kenari berkualitas super, baik itu anakan jantan ataupun anakan betina.
ciri anakan kenari yang baik dan berkualitas Ciri-Ciri Anakan Kenari Yang Baik Berkualitas Super

1. Ciri-ciri anakan kenari jantan berkualitas super

  • Memiliki bentuk kepala yang cenderung kotak dan pipih pada potongan atasnya.
  • Postur badan panjang dan ramping (proporsional)
  • Memiliki aruh yang besar dan kokoh
  • Memiliki leher yang panjang dan padat berisi
  • Sudah mulai rajin ngeriwik meskipun usianya masih anakan, pada ketika ngeriwik akan terlihat menggelembung pada potongan lehernya. Cari anakan kenari yang gelembungnya lehernya lebih besar pada ketika ngeriwik.
  • Sorot matanya tajam, bersinar, dan tampak bening, tidak basah dan sayu.
  • Tidak terdapat sisa kotoran pada kloaka atau potongan dubur lainnya.
  • Tampak lincah, aktif, dan agresif, membuktikan bahwa kenari dalam keadaan sehat
  • Pilih anakan kenari yang berasal dari indukan yang baik dan berkualitas, lantaran faktor trah juga berlaku untuk burung kenari

2. Ciri-ciri anakan kenari betina yang baik dan berkualitas

  •  Anakan kenari betina yang baik mempunyai dada yang bidang
  • Tembolok tampak berisi, yang membuktikan bahwa kenari betina tersebut ketika pandai balig cukup akal akan menjadi indukan yang baik dan pandai merawat anak-anaknya.
  • Bulu-bulu terlihat rapi dan tidak giras atau sering ngelabak
  • Mata bersinar dan tidak sayu
  • Tidak ada sisa kotor pada potongan dubur dan sekitarnya
  • Pilih anakan kenari betina yang sanggup ngeriwik menyerupai kenari jantan, tapi perlu diingat bahwa riwikan kenari betina tidak sekeras riwikan kenari jantan.
  • Pilih anakan kenari betina yang mempunyai bulu yang tipis, lantaran biasaya akan lebih cepat produksi.
Itulah ciri-ciri anakan kenari yang baik dan berkualitas super, semoga dengan ulasan ini anda sanggup membedakan dan menentukan mana anakan kenari yang berkualitas dan prospek juara dan mana anakan kenari yang standar dan biasa-biasa saja. Semoga bermanfaat.
Comments