Ciri-Ciri Dan Tanda Kenari Berjodoh

Ciri-ciri kenari berjodoh - Dalam hal ternak kenari, proses penjodohan merupakan salah satu hal yang sangat penting. Pasalnya, kenari sebelum diternak harus melalui tahap penjodohan terlebih dahulu, sesudah itu barulah dilakukan proses perkawinan. Pada dikala proses penjodohan, kita harus faham betul, apakah dua ekor kenari jantan dan betina tersebut berjodoh atau tidak. Jika kenari berjodoh, sanggup pribadi dilanjutkan pada proses perkawinan. Tapi kalau tidak berjodoh, harus dilakukan penjodohan ulang atau diganti dengan indukan atau pejantan yang lainnya.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tanda-tanda kenari berjodoh, pada posting sebelumnya saya sudah pernah membahas wacana cara menjodohkan kenari, disitu sudah saya ulas secara rinci tahapan-tahapan menjodohkan kenari secara detail step by step, sehingga akan memudahkan anda yang akan memulai perjuangan ternak kenari, khususnya untuk pemula dengan skala kecil. Adapun ulasannya sanggup anda baca disini:
Cara menjodohkan kenari jantan dan betina
 proses penjodohan merupakan salah satu hal yang sangat penting Ciri-Ciri Dan Tanda Kenari Berjodoh

Sebelum proses penjodohan tersebut, pastikan kenari sudah masuk dalam usia siap produksi dan sudah birahi. Usia kenari betina siap produksi yaitu diatas 6 bulan, sedangkan usia kenari jantan siap produksi yaitu diatas 8 bulan. Khusus untuk kenari berbadan besar (yorkshire) usia produksi harus diatas 10 bulan. Nah ketika dua ekor kenari siap produksi sudah ada, kini tinggal proses penjodohan dan melaksanakan pengamatan untuk mengetahui tanda kenari berjodoh atau tidak.

Ketidak tahuan wacana ciri-ciri kenari berjodoh atau tidak itulah yang terkadang menciptakan kegagalan pada peternak kenari pemula, lantaran mereka tetap memaksakan kenari yang tidak berjodoh kedalam satu sangkar ternak, kemudian menunggu hingga berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan, berharap kenari tersebut mau bertelur tanpa melaksanakan perawatan khusus bagi kenari yang belum berjodoh.
 proses penjodohan merupakan salah satu hal yang sangat penting Ciri-Ciri Dan Tanda Kenari Berjodoh

Ciri-ciri kenari berjodoh

  1. Ketika sudah disatukan dalam sangkar ternak, kenari yang sudah berjodoh akan tampak mesra, tidak berantem, dan saling perhatian, dimana kenari jantan akan tampak menyuapi kenari betina, hal ini hampir seakan-akan dengan burung lovebird yang berjodoh.
  2. Ketika kenari jantan berkicau dengan nyaring dan ngeroll, kenari betina akan tampak menundukkan/ membungkuk sambil mengangkat ekor. Perilaku tersebut membuktikan bahwa kenari betina sudah birahi dan minta kawin.
  3. Kenari yang sudah berjodoh 100 persen akan tampak keduanya melaksanakan perkawinan, dimana kenari jantan berada diatas kenari betina. Jika sudah demikian, hampir sanggup dipastikan bahwa kenari sudah berjodoh, dan tidak usang lagi kenari betina akan bertelur.
Bagaimana? ternyata mengetahui ciri-ciri kenari berjodoh sangat gampang kan? yang terpenting anda selalu memperhatikan dan memantau sikap dari kedua ekor kenari yang sedang dijodohkan, sehingga anda sanggup mengetahui apakah mereka berjodoh dan sanggup disatukan dalam sangkar ternak atau tidak. Sekian dan biar bermanfaat.
Comments