Ekor Murai Kerikil Rontok? Begini Cara Menumbuhkannya!

Salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh burung murai kerikil mabung, burung murai yang mencabut sendiri bulu ekornya dan sebagainya. Terkadang bulu ekor yang rontok sanggup tumbuh dengan sendirinya, namun bagaimana kalau bulu-bulu tersebut tidak tumbuh kembali, yang ada burung murai kerikil akan kehilangan kegagahannya dan tentunya akan mengurangi performanya di ajang lomba burung kicauan.


Ada banyak cara yang sanggup dilakukan untuk mengatasi ekor murai kerikil rontok salah satunya ialah dengan memakai obat alami penumbuh bulu yang terbuat dari bawang putih. Bawang putih mengandung senyawa yang berjulukan ALISIN yang memiliki pengaruh menyembuhkan. Berikut beberapa manfaat bawang putih untuk penggunaan pada burung kicauan:
  1. Untuk mengobati luka pada burung kicauan.
  2. Untuk menghangatkan badan burung kicauan.
  3. Mengobati flu/pilek pada burung.
  4. Mampu mencegah burung terkena virus.
  5. Dapat mengobati cacingan pada burung.
  6. Menghilangkan jamur pada kaki dan sekitar mata burung.
  7. Dapat dipakai sebagai anti bakteri.
Sedangkan untuk mengatasi ekor murai kerikil rontok, Anda hanya perlu menyiapkan satu siung bawah putih yang ditumbu halus. Lalu campurkan dengan minyak zaitun dan oleskan merata pada bab ekor atau sayap burung yang rontok. Lakukan rawatan tersebut secara rutin sampai bulu kembali tumbuh.

Photo: Hendro Sulistyo
Comments