Horned Sungem, Burung Dengan Kepakan Sayap Tercepat Di Dunia


Mucugê, Bahia, Brazil; 26 February 2009 © Ciro Albano

Burung Horned Sungem merupakan satu-satunya wakil dari genus Heliactin. Burung ini masih termasuk kedalam spesies burung hummingbird yang populer dengan badannya yang super mungil. Nama ilmiah burung ini "bilophus" terkadang merujuk pada nomen oblitum. Sehingga ada yang menyampaikan kalau burung ini akan lebih sempurna kalau diberi nama ilmiah Heliactin cornutus.

Burung yang betina mempunyai warna hijau di belahan atas dengan warna putih higienis pada belahan bawah badan. Burung jantan mempunyai mahkota indah berwarna biru dengan semacam bulu yang membentuk ibarat tanduk (horn) di belahan kepalanya yang berwarna merah, biru dan emas. Burung jantan juga mempunyai satu bulu ekor yang memanjang.

Burung Horned Sungem populer sebagai burung dengan kepakan sayap tercepat di dunia. Dalam satu menit, burung Horned Sungem ini dilaporkan bisa mengepakkan sayapnya sebanyak 10.000 kali. Anda tidak akan bisa melihat pergerakan sayapnya dengan mata telanjang.

Habitat burung horned sungem yakni di tempat semi terbuka atau terbuka yang kering ibarat tempat padang rumput (savanna) dan cerrado, serta cenderung menghindari hutan-hutan yang lembab. Daerah penyebaran burung horned sungem yaitu di Bolivia, Brasil, dan Suriname.

Menurut Red List IUCN, populasi burung horned sungem berada pada status "Resiko Rendah (LC)".

Referensi : wikipedia dan neotropical.birds.cornell.edu
Comments