Informasi Perihal Burung Cabak Gunung

Foto burung Cabak gunung di Sumatera selatan oleh Dan Guthrie Informasi Tentang Burung Cabak Gunung
Foto burung Cabak gunung di Sumatera selatan oleh Dan Guthrie
Burung Cabak Gunung mempunyai nama latin Caprimulgus pulchellus. Dalam bahasa Inggris, salah satu burung endemik Indonesia yang hanya sanggup ditemukan di Jawa dan Sumatera ini dikenal sebagai Salvadori’s Nightjar.

Cabak Gunung merupakan spesies burung berukuran medium dengan panjang badan sampaumur sekitar 24 cm. Ciri khas burung cabak gunung yakni mempunyai garis putih lebar pada bab tenggorokan, serta mempunyai garis-garis putih pada bab bawah tubuhnya.

Cabak Gunung juga mempunyai bintik putih pada bab dua pasang bulu primer dan dua pasang bulu ekor paling luar. Burung ini mempunyai paruh dan kaki yang berwarna cokelat serta iris mata yang berwarna cokelat tua.

Terdapat dua sub-spesies dari cabak gunung yang mempunyai kawasan penyebaran yang berbeda. Kedua sub-spesies tersebut adalah Caprimulgus pulchellus pulchellus (hidup di Pulau Sumatera) dan Caprimulgus pulchellus bartelsi (hidup di wilayah Pulau Jawa).

Habitat burung cabak gunung yakni di kawasan hutan tropis dan subtropis dataran rendah, serta hutan tropis dan subtropis pegunungan. Namun lagi-lagi habitat mereka terancam akhir degradasi hutan oleh manusia.

Data Red List IUCN menyebutkan bahwa populasi burung cabak gunung pada tahun 2013 berada pada status "Hampir Terancam (NT)".

Referensi : kutilang.or.id dan wikipedia
Comments