Mengenal Burung Cabak Sulawesi

Foto Burung Cabak sulawesi di TN Tangkoko Mengenal Burung Cabak Sulawesi
Cabak sulawesi, TN Tangkoko, Sulawesi Utara © Ingo Waschkies
Cabak Sulawesi mempunyai nama Caprimulgus celebensis. Dslam bahasa Inggris burung endemik Indonesia ini dikenal dengan nama Sulawesi Nightjar.

Cabak Sulawesi mempunyai ukuran badan medium, dimana dewasanya mempunyai panjang badan sekitar 26 cm dengan bulu lebih banyak didominasi berwarna cokelat kemerahan gelap. Sayapnya berukuran kecil dibandingkan dengan ukuran tubuhnya. Pada bab sayap dan ekor terdapat noktah putih yang terlihat terang saat burung ini terbang.

Burung Cabak Sulawesi mempunyai 2 sub-spesies yang mempunyai kawasan penyebaran yang berbeda. Kedua sub-spesies burung cabak sulawesi tersebut ialah :
  • celebensis : hidup di wilayah Sulawesi bab utara, Sulawesi Tengah bab timur, serta kemungkinan besar juga terdapat di Pulau Buton.
  • jungei : tersebar di wilayah Kepulauan Sula (Taliabu dan Mangole).
Habitat burung cabak sulawesi ialah di hutan sekunder, serta tepi hutan mangrove. Untuk cabak sulawesi yang hidup di Taliabu diketahui menghuni wilayah hutan dataran rendah, termasuk hutan tebas pilih. 

Makanan utama burung cabak sulawesi ialah serangga. Biasanya burung ini menangkap serangga makanannya pada waktu senja. Mereka menangkap serangga tersebut saat terbang. Data Red List IUCN memasukkan populasi burung cabak sulawesi dalam status "Resiko Rendah (LC)".

Catatan:
Beberapa penulis memasukkan takson ini sebagai sub-spesies dari Caprimulgus [manillensis or celebensis] (sensu lato). di Daftar Burun Indonesia 2, burung Cabak sulawesi Caprimulgus celebensis tercatat sebagai Cabak filipina Caprimulgus manillensis (Walden, 1875).

Referensi : kutilang.or.id
Comments