Mengenal Burung Gelatik Jawa

 Burung ini merupakan salah satu burung kicau dari suku  Mengenal Burung Gelatik Jawa
Burung Gelatik Jawa mempunyai nama latin Padda oryzivora. Nama internasionalnya yaitu Java Sparrow. Burung ini merupakan salah satu burung kicau dari suku Estrildidae.

Gelatik Jawa mempunyai ukuran badan yang kecil. Panjang tubuhnya hanya sekitar 15 cm dengan bab kepala berwarna hitam, pipi berwarna putih, serta paruh berukuran besar yang berwarna merah. Gelatik Jawa remaja mempunyai bulu badan secara umum dikuasai berwarna abu-abu, perut kecokelatan, ada bundar merah di sekitar mata, serta mempunyai kaki berwarna merah muda. Sementara Gelatik Jawa muda mempunyai warna secara umum dikuasai cokelat. Jantan dan betina mempunyai penampakan yang nyaris sama.

Burung Gelatik Jawa merupakan salah satu spesies burung endemik Endonesia. Habitat Gelatik Jawa antara lain di wilayah hutan padang rumput, area persawahan, serta lahan budidaya. Daerah penyebaran Gelatik Jawa yaitu di Pulau Jawa dan Bali. Namun ketika ini gelatik Jawa sudah banyak dikenal di banyak sekali negara di dunia sebagai salah satu burung hias.

Gelatik Jawa cenderung bahagia berkeliaran dalam sebuah kelompok dan berpindah-pindah dengan cepat. Makanan utama Gelatik Jawa yaitu padi (biji-bijian), buah-buahan, dan serangga. Pada isu terkini kawin, burung betina akan menghasilkan sekitar 4-6 butir telur yang dierami oleh kedua tetuanya.

Karena popularitasnya sebagai burung peliharaan, ketika ini jumlah gelatik jawa di alam liar menyusut dengan pesat akhir dari penangkapan liar. Selain itu terbatasnya area penyebaran dan juga menyempitnya habitat, turut menjadi alasan menyusutnya jumlah mereka di alam liar.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung gelatik jawa berada pada status "Rentan (VU)". Namun status perdagangan internasionalnya masih berstatus "Appendiks II" yang artinya masih dapat diperdagangkan dengan mengikuti peraturan tertentu.

Referensi : wikipedia
Comments