Mengenal Burung Hantu Celepuk Jawa

Foto burung hantu celepuk jawa di Gunung Gede Mengenal Burung Hantu Celepuk Jawa
Foto Celepuk jawa, Gn. Gede, Jawa Barat © Peter Los
Burung Hantu Celepuk Jawa mempunyai nama latin Otus angelinae. Burung hantu kecil ini merupakan salah satu spesies burung hantu endemik Indonesia yang hidup di Pulau Jawa. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Javan Scopsowl.

Celepuk Jawa, menyerupai halnya celepuk-celepuk yang lain, mempunyai ukuran badan yang terbilang mungil. Panjang badan dewasanya hanya sekitar 20 cm dengan bulu berwarna gelap. Memiliki alis berwarna putih, paruh berwarna kuning, kakinya juga kuning tetapi terlihat lebih kotor, dan bola mata berwanra kuning emas atau kuning semu orange.

Habitat burung hantu celepuk Jawa ialah di kawasan hutan pegunungan dengan ketinggian sekitar 1.500 sampai 2.500 m di atas permukaan laut. Daerah penyebaran celepuk jawa tersebar di aneka macam tempat di Pulau Jawa. 

Makanan Celepuk jawa diperkirakan sama dengan celepuk-celepuk yang lain yaitu serangga, dan binatang-binatang kecil. Dan menyerupai halnya spesies burung hantu lainnya, mereka lebih aktif di malam hari.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung hantu celepuk jawa berada pada status "Rentan (VU)". Namun sebab belum banyak catatan mengenai keberadaan burung hantu jenis ini, diperkirakan jumlah mereka di alam liar mungkin banyak yang terlewatkan dari pantauan.

Sehingga tidak mengherankan jikalau status perdagangan internasional burung hantu celepuk jawa dalah "Appendix II", yaitu masih sanggup diperdagangkan asalkan mengikuti hukum yang berlaku. Namun saya rasa alangkah baiknya jikalau kita tidak usah memperdagangkannya. Biarlah celepuk jawa hidup bebas di habitatnya. ^_^
 
Referensi : kutilang.or.id
Comments