Skip to main content
×

Mengenal Burung Hantu Celepuk Rajah

 Memiliki banyak sekali nama di banyak sekali negara Mengenal Burung Hantu Celepuk Rajah
Burung Hantu Celepuk Rajah mempunyai nama latin Otus brookei. Memiliki banyak sekali nama di banyak sekali negara, tetapi lebih dikenal dengan nama Rajah Scops Owl di dunia internasional. Burung ini merupakan salah satu burung hantu endemik Indonesia.

Celepuk Rajah merupakan jenis burung hantu berbadan kecil dengan panjang tubuh dewasanya sekitar 23 cm. Mereka mempunyai sayap yang pendek dan bulat. Kebanyakan dari mereka mempunyai bulu menjulang di kedua sisi kepala yang terlihat mirip daun telinga.  

Warna bulu Celepuk Rajah mayoritas cokelat dengan sentuhan warna putih pada beberapa bab tubuh mirip pada bab leher dan bulu bab bawah. Bagian iris mata, paruh dan kakinya berwarna kuning/kekuning-kuningan.

Habitat burung celepuk rajah yaitu di tempat hutan pegunungan dengan ketinggian sekitar 1.200 sampai 2.400 m di atas permukaan laut. Daerah penyebaran celepuk rajah hanyalah di Pulau Sumatera dan Kalimantan saja.

Makanan celepuk rajah yang utama yaitu serangga, mirip ngengat. Namun sempat ditemukan pula ada yang memangsa katak.

Meskipun tempat penyebarannya hanya terbatas di beberapa tempat di Pulau Sumatera dan Kalimantan, populasi celepuk rajah diperkirakan belum masuk dalam kategori mengkhawatirkan. Red List IUCN pun memasukkan spesies ini dalam kategori "Resiko Rendah (LC)".

Referensi : planetofbirds.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar