Mengenal Burung Hantu Serak Kecil

 salah satu burung hantu endemik Indonesia yang hidup di wilayah Maluku Selatan ini dikena Mengenal Burung Hantu Serak Kecil
Serak kecil, Yamdena, Kep. Tanimbar, Maluku © James Eaton
Burung hantu serak kecil mempunyai nama latin Tyto sororcula. Dalam bahasa Inggris, salah satu burung hantu endemik Indonesia yang hidup di wilayah Maluku Selatan ini dikenal dengan nama Moluccan Masked Owl.

Meskipun namanya yaitu serak kecil, tetapi pada kenyataannya burung hantu jenis ini mempunyai ukuran badan yang berukuran medium. Panjang badan dewasanya sekitar 29 cm dengan badan bab atas bercorak tutul-tutul.

Terdapat 2 sub-spesies dari burung hantu jenis ini yaitu :
  • sororcula : hidup di wilayah Kepulauan Tanimbar, khususnya di Pulau Larat dan Yamdena
  • cayelii : hidup di wilayah Buru dan Seram. (bulunya terlihat lebih kuning kecoklatan dibandingkan sororcula dan badan bab atasnya juga lebih hitam.)
Habitat burung hantu serak kecil yaitu di wilayah hutan primer. Burung ini yaitu salah satu spesies burung yang langka. Menurut data Red List IUCN, populasi burung serak kecil berada pada status "Kurang (DD)". 

Namun status perdagangan internasional burung serak kecil masih "Appendix II" yang artinya burung ini masih sanggup diperdagangkan asalkan pelakunya mengikuti peraturan-peraturan yang telah ditentukan.

Referensi : kutilang.or.id
Comments