Skip to main content
×

Mengenal Burung Kakatua Tanimbar

 Dikenal di dunia internasional dengan nama  Mengenal Burung Kakatua Tanimbar
Burung Kakatua Tanimbar atau Kakatua ganimbar atau Kakatua goffiniana atau Kakatua goffin memiliki nama latin Cacatua goffiniana. Dikenal di dunia internasional dengan nama Tanimbar Corella  atau Goffin Cockatoo.

Kakatua Tanimbar remaja mempunyai panjang badan sekitar 31 cm diukur dari ujung kepala sampai ujung ekor. Berat tubuhnya rata-rata sekitar 350 gram. Meskipun ukuran tubuhnya tergolong medium, tetapi pada kenyataannya kakatua ini yaitu jenis yang terkecil dari semua Cacatuinae.

Penampilan burung kakatua tanimbar terlihat begitu menyerupai dengan kakatua putih dengan dominasi bulu-bulu berwarna putih di seluruh tubuhnya. Namun sebagian besar bulu wajah kakatua tanimbar berwarna merah muda, dengan paruh berwarna abu-abu pucat. Kakatua tanimbar jantan dan betina mempunyai penampilan yang serupa hanya saja si jantan mempunyai mata coklat atau hitam sedangkan si betina mempunyai mata merah.

Karena kakatua ini masih termasuk anggota Cacatuidae, maka kakatua ini juga mempunyai jambul di kepalanya yang sanggup mengembang atau menguncup. Kakatua jenis ini sulit dibedakan dengan Corella kecil sebab penampilannya yang terlihat sangat mirip.

Habitat burung kakatua tanimbar yaitu di hutan primer dan sekunder di dataran rendah, serta lahan budidaya di wilayah kepulauan maritim banda. Menurut informasi, kakatua ini tercatat memakan tanaman pertanian penduduk di sekitar hutan. Daerah penyebaran kakatua tanimbar terbatas di wilayah Kepulauan Tanimbar (termasuk Yamdena dan Larat, NTT) serta Kepulauan Kai.

Akibat dari hilangnya habitat, perburuan liar, serta kawasan penyebarannya yang terbatas populasi burung eksotis ini kian hari kian menurun di alam liar. Bahkan dikala ini diperkirakan lebih banyak kakatua tanimbar yang hidup di sangkar daripada yang hidup di alam liar. 

Red List IUCN pun menetapkan populasi kakatua tanimbar dalam status "Resiko Rendah (LC)". Sementara status perdagangan internasionalnya yaitu "Appendix I", dimana boleh diperdagangkan asalkan untuk kepentingan khusus yang diijinkan menyerupai kepentingan riset ilmiah dan sejenisnya.

Referensi : wikipedia dan kutilang.or.id
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar