Mengenal Burung Kenari Border

 dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama  Mengenal Burung Kenari Border

Kenari Border dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Border Canary atau Border Fancy Canary dan mempunyai nama latin Serinus canaria. Julukan lain bagi kenari border yaitu "Wee Gem", mungkin alasannya yaitu posturnya yang terlihat serba bulat.

Kenari Border merupakan salah satu kenari dari jenis cumberland fancy. Kenari Border berasal dari wilayah perbatasan antara Inggris dan Skotlandia. Sebagai salah satu jenis kenari yang paling terkenal di dunia, penampilan kenari border lebih dinilai ketimbang bunyi kicauannya.

Kenari Border aslinya berasal dari "Chopper canary" yang dikembangkan secara selektif di Kepulauan Inggris sekitar tahun 1700-an. Pada tahun 1889 dalam sebuah pertemuan di Langholm, spesies burung tersebut diberi nama "border canary", dan standar burung ini pun dibuat.

Kenari Border merupakan salah satu jenis burung kenari yang terkenal sebagai hewan peliharaan di dunia. Burung yang kebanyakan berwarna kuning cerah ini termasuk jenis burung berukuran kecil. Panjang badan dewasanya hanya sekitar 14 cm.  

Kenari Border dikenal sebagai burung yang aktif, tidak galak, dan suka berkicau. Selain itu, kenari jenis ini juga dikenal bisa dilatih untuk melaksanakan beberapa trik di luar kandang. Dan alasannya yaitu perawatannya yang simpel, burung ini menjadi salah satu primadona burung peliharaan di dunia.

Meski terkenal aktif, burung kenari cenderung lebih pemalu jikalau dibandingkan dengan jenis burung peliharaan yang lain. Jadi, sebaiknya tidak mengandangkan kenari border dengan burung lain ibarat parkit, lovebird, atau burung jenis lainnya yang cenderung lebih agresif.

Burung kenari border bahagia mandi. Makara memandikan burung ini setiap hari justru menciptakan si burung senang. Meskipun demikian, burung ini tidak suka dengan sangkar yang basah, lembab, atau dingin. Kenari Border juga suka berjemur, sehingga membiarkannya terkena sinar matahari itu baik. Namun jangan menaruh sangkar kenari di bawah sinar matahari yang terik dan tidak ada tempat untuk berteduh.
Comments