Mengenal Burung Kring-Kring Bukit

 Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama  Mengenal Burung Kring-kring Bukit
Burung Kring-kring Bukit mempunyai nama latin Prioniturus platurus. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Golden-mantled Racket-tail. Burung ini mempunyai beberapa nama lain menyerupai Ili-ili (Gorontalo), Katuli (Muna), Kuli-kuli (Alfur), Kelit-kelit, dan Kring-kring (Minahasa).

Kring-kring Bukit remaja mempunyai panjang tubuh sekitar 28 cm dengan berat tubuh sekitar 200 sampai 225 gram. Memiliki bulu secara umum dikuasai berwarna hijau dengan penggalan epilog ekor bawahnya berwarna kuning. 

Jantan mempunyai bercak-tengkuk biru keabu-abuan, mahkota belakang berbintik merah, pita-mantel penggalan atas berwarna kuning jingga; mantel penggalan bawah dan epilog sayap berwarna keabu-abuan. Sementara yang betina penggalan tubuh atasnya berwarna hijau seutuhnya.

Terdapat 3 sub-spesies dari burung jenis ini yaitu :   
  • Prioniturus platurus talautensis (warna bulunya lebih pucat dan hidup di wilayah Karakelong dan Salebabu di Kepulauan Talaud).
  •  Prioniturus platurus platurus (Sulawesi, dan kepulauan di sekitarnya).
  • Prioniturus platurus sinerubris (berukuran lebih kecil; jantan tanpa bintik merah pada mahkota belakang, tubuh penggalan atas berwarna keabu-abuan dan pundak ungu kusam, hidup di wilayah Taliabu dan Mangole di Kepulauan Sula).
Habitat burung Kring-kring bukit yaitu di kawasan tepi hutan lembab, hutan, kebun dan hutan lumut pada dataran rendah dengan ketinggian hingga  2.000 m di atas permukaan laut. Makanan utama kring-kring bukit di alam liar antara lain buah (terutama mangga), biji-bijian, dan bunga.

Burung ini biasa mencari makan dalam sebuah kelompok yang terdiri dari 20-an ekor. Namun kadang mereka juga berkeliaran dalam kelompok besar yang berisi ratusan ekor kring-kring bukit. Mereka tergolong jenis burung yang berisik ketika beterbangan mencari pohon-pohon berbuah. Musim kawin burung kring-kring bukit diperkirakan sekitar bulan Oktober.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung kring-kring bukit berada pada status "Resiko Rendah (LC)". Sementara status perdagangan internasionalnya yaitu "Appendix II", sanggup diperdagangkan dengan mengikuti peraturan tertentu.

Referensi : parrots.org
Comments