Skip to main content
×

Mengenal Burung Merak Dan Jenis-Jenisnya

Burung Merak merupakan spesies burung yang sangat elok dan begitu populer di dunia. Burung ini populer dengan bulu ekornya yang begitu indah dengan contoh mata yang unik. Terdapat 3 spesies burung merak di dunia ini. Berikut yaitu 3 jenis burung merak yang ada di dunia ini :

1. Merak India
 merupakan spesies burung yang sangat elok dan begitu populer di dunia Mengenal Burung Merak dan Jenis-Jenisnya
Memiliki nama latin Pavo cristatus dan dikenal juga dengan nama Merak Biru. Ciri khas merak India adalah mempunyai bulu berwarna biru gelap mengkilap dengan epilog ekor yang sangat panjang yang berwarna hijau metalik serta mempunyai jambul tegak biru membentuk kipas di atas kepalanya. Panjang tubuhnya sanggup mencapai 230 cm. Bisa dibilang merak biru yaitu spesies merak yang paling cantik.

Habitat dan Penyebaran merak India yaitu di hutan terbuka dengan padang rumput di wilayah India, Pakistan, Sri Lanka, Nepal dan Bhutan. Makanan burung merak India yaitu biji-bijian, pucuk rumput dan daun, serangga, cacing, kadal kecil dan beberapa jenis binatang kecil lainnya.

Merak India atau Merak Biru ini merupakan burung nasional negara India. Selain itu, merak india juga termasuk binatang yang mempunyai posisi penting dalam kebudayaan dan mitologi agama Budha dan Hindu. Menurut Red List IUCN, populasi merak India berada pada status "Resiko Rendah (LC)".

2. Merak Hijau
 merupakan spesies burung yang sangat elok dan begitu populer di dunia Mengenal Burung Merak dan Jenis-Jenisnya
Memiliki nama latin Pavo muticus dan dikenal juga dengan nama Merak Jawa. Memiliki ukuran badan yang cenderung lebih besar dari pada merak India. Memiliki bulu berwarna hijau keemasan, dan dikepalanya terdapat jambul tegak. Bisa dibilang, merak hijau yaitu spesies merak yang bertubuh paling besar.

Makanan burung merak hijau yaitu biji-bijian, pucuk rumput dan daun, serangga, cacing, kadal kecil dan beberapa jenis binatang kecil lainnya. Meskipun merak hijau bertubuh besar, tetapi burung ini tetaplah berilmu terbang.

Habitat dan Penyebaran burung merak jawa yaitu di kawasan hutan terbuka dengan padang rumput di Cina, Indocina, dan Jawa, Indonesia. Sayangnya, penyempitan hutan dan penangkaran liar menciptakan populasi merak hijau terancam. Red List IUCN bahkan memasukkan mereka pada status "Rentan (VU)".

3. Merak Kongo
 merupakan spesies burung yang sangat elok dan begitu populer di dunia Mengenal Burung Merak dan Jenis-Jenisnya
Memiliki nama latin Afropavo congensis. Merupakan satu-satunya spesies merak yang hidup di Afrika. Bisa dibilang merak kongo merupakan spesies merak yang berukuran paling kecil. Tubuh dewasanya hanya sekitar 70 cm. 

Merak Kongo mempunyai bulu berwarna biru gelap dihiasi warna hijau dan ungu mengkilap. Habitat dan penyebaran merak kongo hanyalah di kawasan hutan dataran rendah di negara Republik Demokratik Kongo.

Makanan merak kongo sama dengan kedua spesies merak lainnya yaitu biji-bijian, pucuk rumput dan daun, serangga, cacing, kadal kecil dan beberapa jenis binatang kecil lainnya.

Spesies merak ini gres ditemukan sekitar tahun 1936 oleh Dr. James Chapin. Meskipun demikian, akhir dari penangkapan liar, dan hilangnya habitat, menciptakan populasi merak kongo berada dalam status "Rentan (VU)" berdasarkan data Red List IUCN.

Catatang : Burung Merak jantan mempunyai ukuran badan lebih besar dari yang betina. Burung merak yang mempunyai penampilan elok dan indah justru merupakan merak jantan.

Referensi : wikipedia
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar