Skip to main content
×

Mengenal Burung Nuri Kalung Ungu

 Dikenal di dunia internasional dengan nama  Mengenal Burung Nuri Kalung Ungu
Burung Nuri Kalung Ungu mempunyai nama latin Eos squamata. Dikenal di dunia internasional dengan nama Violet-necked Lory. Nama yang merujuk pada warna bulu di leher salah satu burung endemik Indonesia ini.

Burung Nuri Kalung Ungu cukup umur mempunyai panjang badan sekitar 28 cm dengan bulu berwarna lebih banyak didominasi merah dan ungu. Melingkar di pecahan lehernya bulu berwarna ungu. Memiliki ekor yang panjang dan meruncing.

Terdapat 3 subspesies burung nuri kalung ungu yang mempunyai kawasan penyebaran yang berbeda, yaitu : riciniata (Maluku Utara, termasuk Kepulauan Widi), obiensis Rothschild (Obi dan kemungkina juga ada di Maluku Utara, squamata (Kepulauan di kawasan Papua Barat dan Kepulauan Schildpad)

Habitat burung nuri kalung ungu ialah di hutan tropis dataran rendah yang lembab dan hutan bakau tropis. Mereka hidup bersama dalam sebuah kelompok besar. Mereka sering terlihat mengunjungi pohon-pohon yang tengah berbunga dan perkebunan kelapa di wilayah pesisir pantai. Mereka juga sering terlihat beterbangan diantara pulau-pulau.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung nuri kalung ungu ketika ini berada pada status "Resiko Rendah (LC)". Sementara status perdagangan internasionalnya ialah "Appendix II", sanggup diperdagangakan dengan mengikuti peraturan tertentu.

Referensi : kutilang.or.id
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar