Skip to main content
×

Mengenal Burung Nuri Sayap Hitam

 Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama  Mengenal Burung Nuri Sayap Hitam
Nuri Sayap Hitam atau yang dikenal juga dengan nama Nuri merah-biak, mempunyai nama latin Eos cyanogenia. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Black-winged Lory. Burung ini merupakan salah satu burung endemik Indonesia.

Nuri Sayap Hitam merupakan jenis burung berukuran medium dengan panjang badan sekitar 30 cm. Memiliki bulu berwarna merah cerah dengan serpihan punggung berwarna hitam, dan bercak ungu disekitar telinga. Iris matanya berwarna merah dan paruhnya berwarna merah kekuningan. Burung betina dan jantan mempunyai penampilan yang nyaris serupa.

Habitat burung nuri sayap hitam hanyalah di kawasan hutan di wilayah pesisir Pulau Biak dan pulau-pulau yang berada di Teluk Cenderawasih, Papua. Burung ini dikenal sering menciptakan sarang di perkebunan kelapa.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung nuri sayap hitam dikala ini berada pada status "Rentan (VU)". Sementara status perdagangan internasionalnya ialah "Appendix II", sanggup diperdagangkan dengan mengikuti peraturan tertentu.

Terdapat beberapa faktor penyebab kelangkaan burung nuri sayap hitam. Diperkirakan beberapa penyebab utamanya ialah kawasan penyebarannya yang terbatas, hilangnya habitat, serta penangkapan liar yang terus-terusan terjadi.

Referensi : wikipedia
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar