Mengenal Burung Nuri Talaud

 Di Sulawesi dikenal dengan nama burung Sampiri Mengenal Burung Nuri Talaud
Burung Nuri Talaud mempunyai nama latin Eos histrio. Di Sulawesi dikenal dengan nama burung Sampiri. Sementara dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Red-and-blue Lory alasannya bulunya yang berwarna merah dan biru.

Nuri Talaud mempunyai panjang badan sekitar 31 cm dengan bulu yang berwarna merah dan biru cerah dan paruh yang berwarna jingga terang. Burung Nuri jenis ini merupakan burung endemik Sulawesi potongan utara.

Ada 3 sub-spesies dari burung Nuri Talaud, yaitu : challengeri Salvadori (hidup di Pulau Miangas, Sulawesi Utara), talautensis (Kepulauan Talaud: Karakelong, Salebabu, dan Kaburuang), dan histrio (Pulau Sangihe, Pulau Siau, dan Pulau Ruang).

Habitat burung Nuri Talaut antara lain di tempat hutan pamah primer, hutan perbukitan, dan kebun kelapa sampai ketinggian 500 m. Mereka biasanya berkeliaran secara berpasangan atau dalam sebuah kelompok kecil, dan tidur di pohon dalam kelompok besar.

Makanan burung Nuri Talaud diperkirakan kelapa alasannya sering terlihat nangkring di pohon kelapa, dan mungkin juga bunga-bungaan. Mereka hidup secara berpindah-pindah. Di Kepulauan Talaud, mereka sering terlihat terbang dalam kelompok besar dari satu Pulau ke Pulau lain untuk tidur.

Menurut REd List IUCN, populasi burung Nuri Talaud berada pada status "Terancam (EN)". Sementara status perdagangan internasionalnya yaitu "Appendix I" yang artinya boleh diperdagangkan untuk tujuan khusus menyerupai riset ilmiah atau sejenisnya.

Referensi : kutilang.or.id
Comments