Skip to main content
×

Mengenal Burung Nuri Tanimbar

 Salah satu burung endemik Indonesia ini di dunia internasional dikenal dengan nama  Mengenal Burung Nuri Tanimbar
Nuri Tanimbar, P. Babar Maluku © Douglas Janson
Burung Nuri Tanimbar mempunyai nama latin Eos reticulata. Salah satu burung endemik Indonesia ini di dunia internasional dikenal dengan nama Blue-streaked Lory.

Nuri Tanimbar merupakan spesies burung berbadan medium dengan panjang tubuh sekitar 31 cm dengan bulu mayoritas berwarna merah cerah. Memiliki garis-garis berwarna biru cerah yang melintang dari bab mata sampai bab pundak.

Burung ini yaitu spesies burung yang cerdas. Mereka yaitu binatang piaraan yang menyenangkan. Mereka bahagia bermain dengan lonceng dan bola, serta sering terlihat melompat dan menepuk-nepukkan bulunya seolah sedang menari.

Habitat Burung Nuri Tanimbar yaitu di tempat hutan pamah primer dan sekunder, hutan terbuka, serta hutan mangrove. Mereka diketahui bahagia mengunjungi tempat perkebunan kelapa dan sagu. Makanan utama burung nuri tanimbar yaitu Nektar dan Buah.

Daerah penyebaran burung nuri tanimbar terbatas di wilayah Babar dan Kepulauan Tanimbar (termasuk Yamadena dan Larat), dan Nusa Tenggara Timur. Kemungkinan besar, burung nuri tanimbar sudah tidak sanggup ditemukan lagi di Kepulauan Kai.

Menurut data Red List IUCn, populasi burung nuri tanimbar di alam liar berada pada status "Hampir Terancam (NT)". Sementara status perdagangan internasionalnya yaitu "Appendix II", sehingga masih sanggup diperdagangkan asalkan mengikuti peraturan tertentu.

Referensi : wikipedia dan kutilang.or.id
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar