Mengenal Burung Pergam Putih


Pergam Putih, TN Tangkoko Sulawesi © David and Nancy Massie

Burung pergam putih mempunyai nama latin Ducula luctuosa. Dalam bahasa Inggris burung yang masih termasuk dalam keluarga Columbidae atau keluarga merpati ini dikenal dengan nama Silver-tipped Imperial Pigeon.

Burung jenis ini mempunyai warna bulu mayoritas putih, mulai dari bab kepala, puggung, sampai bab perut dan kakinya. Burung ini tergolong jenis merpati yang berbadan besar. Panjang tubuhnya sekitar 43 cm.

Burung pergam putih merupakan burung endemik Sulawesi. Habitat burung pergam putih antara lain di wlayah hutan, lahan yang banyak pohon tingginya, dan juga Mengrove yang terdapat di Pulau Sulawesi dan Pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Burung jenis ini terkadang dianggap sebagai sub-spesies dari Pied Imperial Pigeon, tetapi pada kenyataannya burung ini mempunyai ujung paruh yang berwarna kekuningan, tutul hitam di erat lobang hidungnya, dan ujung sayapnya berwarna abu-abu-perak.

Menurut data IUCN, populasi burung pergam putih berada pada status "Resiko Rendah (LC)". Namun alasannya yakni tempat penyebarannya yang terbatas di sekitar Sulawesi saja, kalau kita tidak peduli dengan kelestarian mereka, sanggup saja populasi mereka akan terancam.

Referensi : wikipedia
Comments