Mengenal Burung Pungguk Tutul

 Merupakan spesies burung hantu berbadan kecil dengan panjang tubuh cukup umur hanya sekitar  Mengenal Burung Pungguk Tutul
Foto Burung Pungguk tutul, TN Lore Lindu, Sulawesi Tengah oleh James Eaton
Pungguk Tutul atau Punggok Tutul mempunyai nama latin Ninox punctulata. Dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Speckled Boobook atau Oriental Hawk owl atau Speckled Hawk Owl.

Merupakan spesies burung hantu berbadan kecil dengan panjang tubuh cukup umur hanya sekitar 20-23 cm. Bulunya berwarna cokelat kemerahan dengan tutul-tutul berwarna putih pada bab kepala, punggung, dan sayapnya. Bagian tenggorokannya ada coret putih, bundar wajahnya berwarna hitam, dan alis berwarna putih.

Habitat pungguk tutul yaitu di kawasan hutan yang bersahabat dengan sungai, hutan terbuka, dan kawasan lahan budidaya yang banyak pohonnya. Kebanyakan hidup pada ketinggian 1.100 m di atas permukaan laut. Namun ada juga yang ditemukan hidup hingga ketinggian 2.300 mdpl.

Daerah penyebaran burung pungguk tutul terbilang cukup luas, yaitu meliputi keseluruhan Pulau Sulawesi. Termasuk juga di wilayah Kabaena, Muna dan Butung

Seperti kebanyakan spesies burung hantu lainnya, pungguk tutul juga merupakan binatang nokturnal. Mereka berkeliaran secara tunggal ataupun berpasangan. Belum ada data niscaya mengenai makanan utama burung pungguk tutul, tetapi burung hantu ini pernah terlihat menangkap seekor kelelawar.

Data Red List IUCN menyebutkan bahwa populasi burung pungguk tutul hingga final tahun 2013 berada pada status "Resiko Rendah (LC)", sedangkan status perdagangan internasional pungguk tutul yaitu "Appendix II".

Referensi : planetofbirds.com, wikipedia, dan kutilang.or.id
Comments