Skip to main content
×

Mengenal Burung Serindit Flores

 burung ini yaitu salah satu burung endemik Indonesia Mengenal Burung Serindit Flores
Burung Serindit Flores mempunyai nama latin Loriculus flosculus dan nama internasional Wallace’s Hanging-parrot. Sesuai namanya, burung ini yaitu salah satu burung endemik Indonesia, tepatnya tempat Nusa Tenggara.

Burung Serindit Flores mempunyai tubuh yang tidak besar. Panjang tubuhnya hanya sekitar 12 cm. Itu pun Serindit Flores yang sudah dewasa. Bulunya lebih banyak didominasi Hijau dengan tunggir dan paruh yang berwarna merah.

Serindit Flores jantan mempunyai bintik-bintik di bab tenggorokan berwarna merah, sementara Serindit Flores betina bintik-bintik pada bab tenggorokannya tidak semerah yang jantan atau bahkan tidak mempunyai bintik merah.

Habitat burung serindit flores yaitu di dalam hutan pegunungan dengan ketinggian antara 400 sampai 1000 mdpl yang ditumbuhi banyak pohon yang berbuah di tempat Nusa Tenggara. Makanan utama serindit flores yaitu buah-buahan dan lebih bahagia nangkring di pohon ara, tetapi mereka juga terkadang makan buah di pohon lain.

Burung Serindit yang satu ini biasanya berkeliaran secara berpasangan atau dalam sebuah kelompok kecil yang beranggotakan sampai 10 ekor burung. Namun terkadang mereka juga berkeliaran dalam kelompok yang lebih besar yang terdiri sampai 20 ekor burung.

Burung Serindit Flores tergolong jenis burung yang berisik. Selama terbang dan makan, mereka cenderung akan terus menceracau. Sehingga keberadaan mereka tidak terlalu sulit untuk disadari.

Populasi burung serindit flores ketika ini berada pada status "Terancam (EN)" Red List IUCN. Menurut wikipedia, jumlah mereka diperkirakan sekitar 2.500 - 10.000 ekor. Dan jumlahnya terus menurun.

Status perdagangan internasional burung serindit flores yaitu "Appendix II". Sehingga burung serindit flores masih sanggup diperdagangkan dengan mengikuti aturan-aturan tertentu yang sudah ditetapkan pemerintah.

Referensi : kutilang.or.id dan wikipedia
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar