Mengenal Burung Serindit Jawa

 Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama  Mengenal Burung Serindit Jawa
Burung Serindit Jawa mempunyai nama latin Loriculus pusillus. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Yellow-throated Hanging-parrot dikarenakan bab tenggorokannya berwarna kuning.

Serindit jawa merupakan spesies burung beo berukuran kecil. Panjang tubuhnya hanya sekitar 12 cm. Burung ini mempunyai mayoritas warna hijau dimana badan bab atas berwarna hijau terang, sedangkan bab bawahnya berwarna hijau kekuningan. Bagian tunggung, epilog ekor dan tunggir berwarna merah. Serta mempunyai bercak kuning pada bab tenggorokan. Iris dan paruh berwarna kuning sementara kakinya berwarna jingga.

Burung Serindit Jawa Jantan dan Betina mempunyai penampakan yang nyaris sama. Hanya saja, bercak kuning pada bab tenggorokan Serindit Jawa betina dan Serindit Jawa Muda jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan yang jantan.

Habitat burung Serindit Jawa ialah di hutan-hutan di wilayah Jawa dan Bali dengan ketinggian mencapai 2.000 m di atas permukaan laut. Kemungkinan besar, mereka ialah burung yang selalu berpindah-pindah daerah hidup.

Serindit Jawa sering terlihat terbang cepat dalam sebuah kelompok kecil di atas hutan sambil berteriak-teriak. Makanan burung Serindit Jawa antara lain kuncup bunga dan bunga-bungaan, serta buah-buahan yang berukuran kecil.

Yang unik dari spesies burung ini adalah, mereka sering tidur tergantung dengan posisi kepala di bab bawah. Serindit Jawa Betina sering tampak membawa material untuk menciptakan sarang yang diselipkan di antara bulu-bulu tunggirnya.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung Serindit Jawa ketika ini berada pada status "Hampir Terancam (NT)". Sementara status perdagangan internasionalnya ialah Appendix II, yang artinya sanggup diperdagangkan asalkan mengikuti peraturan tertentu
Referensi : kutilang.or.id
Comments