Mengenal Burung Tiong-Lampu Sulawesi

 burung endemik wilayah Sulawesi ini dikenal dengan nama  Mengenal Burung Tiong-Lampu Sulawesi
Tiong-lampu sulawesi, Tatangge, Sulawesi Tenggara oleh Karyadi Baskoro
Burung Tiong-Lampu Sulawesi mempunyai nama latin Coracias temminckii. Di dunia internasional, burung endemik wilayah Sulawesi ini dikenal dengan nama Purple-winged Roller.

Tiong-Lampu Sulawesi merupakan jenis burung berbadan cukup besar. Panjang tubuh dewasanya sekitar 30 sampai 35 cm dengan bulu yang mayoritas berwarna gelap. Bagian tudungnya berwarna biru pucat, sedangkan kedua sayapnya berwarna biru lembayung. Pada ketika terbang, bab tunggirnya akan terlihat berwarna biru mencolok.

Habitat burung Tiong-lampu Sulawesi ialah di tempat hutan rawa, tepi hutan, savana, hutan sekunder yang tinggi, sampai lahan budidaya. Terkadang burung ini juga berkeliaran di wilayah hutan primer. Secara geografis, burung ini menempati tempat dengan ketinggian sampai 1.150 m di atas permukaan laut.

Burung ini merupakan salah satu burung endemik Indonesia yang hidup di wilayah Sulawesi. Daerah penyebaran burung Tiong-Lampu Sulawesi ialah di Pulau Sulawesi dan sekitarnya menyerupai Bangka, Lambeh, Manterawu, Munda, dan Burung.

Data Red List IUCN menyebutkan bahwa pada tahun 2014 awal, status populasi burung tiong-lampu sulawesi berada pada satus "Resiko Rendah (LC)".

Referensi : kutilang.or.id
Comments