Mengenal Burung Wiwik Maluku

 Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal dengan nama  Mengenal Burung Wiwik Maluku
Burung Wiwik Maluku mempunyai nama latin Cacomantis heinrichi. Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal dengan nama Moluccan Cuckoo. Burung ini merupakan salah satu satwa endemik Indonesia yang berasal dari Maluku.

Wiwik Maluku mempunyai badan yang berukuran sedang dengan panjang dewasanya sekitar 24 cm. Bagian atas tubuhnya berwarna cokelat zaitun, tenggorokannya berwarna abu-abu tua, bab dada dan perutnya berwarna merah karat gelap, kaki berwarna kuning, dan epilog sayap bab bawahnya berwarna merah gelap.

Habitat burung wiwik maluku yaitu di tempat hutan tropis dan subtropis dataran rendah, serta hutan pegunungan dengan ketinggian sekitar 1.000 sampai 1.500 m di atas permukaan air maritim di wilayah Maluku Utara.

Daerah penyebaran burung wiwik maluku hanyalah di Pulau Bacan dan Halmahera, Maluku Utara. Wiwik Maluku yang hidup di hutan Gunung Gamkanora, Halmahera berada pada ketinggian sekitar 1000 mdpl. Sementara yang hidup di Gunung Sibela di Bacan pada rentang ketinggian antara 1400 – 1500 mdpl.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung wiwik maluku berada pada status "Hampir Terancam (NT)".

Referensi : wikipedia dan kutilang.or.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel