Mengenal Lebih Akrab Burung Kasuari

 merupakan spesies burung yang mempunyai ukuran badan sangat besar dan termasuk salah satu  Mengenal Lebih Dekat Burung Kasuari
Burung Kasuari merupakan spesies burung yang mempunyai ukuran badan sangat besar dan termasuk salah satu spesies burung yang dilindungi di Indonesia. Kasuari merupakan fauna identitas provinsi Papua Barat. 

Ada 3 spesies burung kasuari yang kita kenal ketika ini yaitu kasuari gelambir tunggal, kasuari gelambir ganda, dan kasuari kerdil. Daerah penyebaran ketiga spesies kasuari ini yakni di tempat hutan tropis dan tempat pegunungan di Papua.

Kasuari gelambir ganda yakni satu-satunya spesies kasuari yang sanggup ditemukan di Australia. Burung kasuari mempunyai ukuran badan yang sangat besar, kecuali spesies kasuari kerdil. Burung kasuari arif balig cukup akal mempunyai tinggi mencapai 170 cm, dan mempunyai berat badan sekitar 60 sampai 75 kg.

Di atas kepala burung kasuari terdapat sebuah tanduk yang tinggi berwarna kecokelatan. Fungsi tanduk ini yakni untuk membantu kasuari ketika berjalan dihabitatnya yaitu di dalam hutan yang lebat. Kasuari mempunyai sepasang kaki yang kokoh dengan ketiga jarinya yang dipersenjatai dengan kuku atau cakar yang tajam dan panjang.

Burung kasuari arif balig cukup akal mempunyai bulu berwarna hitam legam, kaku, dan pendek. Sementara kasuari muda mempunyai bulu berwarna cokelat pucat dengan garis-garis memanjang dari kepala sampai ekor berwarna cokelat gelap.

Kasuari tergolong kedalam jenis ratiles atau burung yang tidak bisa terbang. Namun burung besar ini sanggup berlari cepat sampai kecepatan 40 km/jam dan bisa melompati rintangan. Selain bisa berlari cepat, kaki kasuari juga sangat kuat. Hanya dengan sekali tendangan, burung ini sudah bisa merobohkan musuhnya, termasuk manusia.

Meski tidak bisa terbang, anda dihentikan meremehkan burung ini. Kasuari mempunyai sifat yang kasar dan galak, apalagi kalau merasa terganggu. Mereka sangat pemarah, dan tidak akan segan mengejar sesuatu yang dirasa mengganggunya.

Burung kasuari mempunyai reputasi sebagai burung paling berbahaya bagi insan dan binatang lainnya. Bahkan keganasannya sudah diabadikan di dalam Guinness Book World Record sebagai "Burung paling Berbahaya di Dunia".

Kasuari termasuk jenis binatang diurnal, yaitu lebih aktif di siang hari. Burung kasuari mempunyai tempat teritorial tertentu dan hidup secara soliter atau sendiri-sendiri kecuali pada animo kawin dan ketika mengasuh anak. Pada animo kawin, kasuari menjadi sangat kasar dan akan menyerang siapa saja yang berada di sekitarnya. 

Di awal animo kawin, kasuari jantan akan mendekati betinanya. Pada masa-masa ini, sering terjadi perkelahian antar kasuari jantan alasannya yakni memperebutkan betina. Setelah bertelur Kasuari jantan akan mengerami telur.

Populasi burung kasuari tidak diketahui jumlahnya secara pasti. Namun diyakini jumlahnya semakin hari semakin menyusut. Oleh alasannya yakni ini, burung ini dimasukkan ke dalam daftar binatang yang terancam punah.

Referensi : onthespot Trans 7
Comments