Perawatan Harian Burung Cucak Jenggot

Ok teman hobiku, kali ini kita akan membahas salah satu jenis burung cucak, ialah cucak jenggot. Sebagaimana yang kita ketahui, burung cucak jenggot bukanlah jenis petarung, melainkan burung ini hanya menjaga tempat sekitarnya saat merasa terancam. Terkenal sebagai burung yang simpel beradaftasi dan simpel jinak.

 kali ini kita akan membahas salah satu jenis burung cucak Perawatan Harian Burung Cucak Jenggot

Cara merawat burung cucak jenggot ini tidak jauh berbeda dengan burung lainnya sebab butuh keuletan serta kedesiplinan teman dalam hal perawatan baik secara harian atau sebelum ikut lomba. Dibawah ini berikut tatacaranya yang sanggup teman lakukan dari kami dan para kicau mania untuk para teman semua.

  1. Pukul 07.00 burung di angin-anginkan di teras rumah hingga pukul 07.30 kemudian mandikan dengan keramba mandi atau semprot (tergantung pada kebiasaan masing-masing burung).
  2. Bersihkan sangkar, tambahkan voer, air minum dan buah segar.
  3. Berikan jangkrik 2 ekor pada cepuk EF. Jangan pernah menawarkan jangkrik secara eksklusif pada burung.
  4. Penjemuran sanggup dilakukan selama 1-2 jam setiap hari mulai pukul 08.00-11.00. Selama penjemuran, sebaiknya burung tidak melihat burung sejenis.
  5. Setelah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut di teras selama 10 menit, kemudian kandang boleh di kerodong.
  6. Siang hari hingga sore (jam 11.00-15.00) burung sanggup di master dengan bunyi master atau burung cucak jenggot dan kapas tembak lain.
  7. Jam 15.30 burung kembali di angin-anginkan di teras, boleh dimandikan kalau perlu.
  8. Berikan jangkrik 2 ekor pada cepuk EF.
  9. Jam 18.00 burung kembali dikerodong perdengarkan bunyi master selama masa istirahat hingga pagi harinya.
  10. Kroto segar diberikan 1 sendok teh maksimal 3x seminggu. Contoh setiap hari senin pagi, hari kamis pagi dan hari sabtu pagi.
  11. Ulat Hongkong sanggup diberikan 1 ahad sekali 1 sendok teh.
  12. Buah segar diberikan rutin setiap hari, dengan format : Hari senin hingga hari kamis berikan buah pepaya, hari jum'at dan hari sabtu berikan ia apel atau pisang atau buah lainnya.
  13. Pengumbaran sanggup dilakukan 4 jam perhari selama 4 hari dalam 1 minggu.
  14. Berikan vitamin dan mineral yang dicampur pada air minum seminggu sekali saja.
  15. Berikan buah pisang yang telah di olesi madu setiap hari sabtu. Perawatan paska lomba bekerjsama berfungsi memulihkan stamina dan mengembalikan kondisi fisik burung.
Ok teman, agar ulasan kami di atas ini senantiasa bermanfaat untuk kita semua ya. Terimakasih telah menyimak ulasan-ulasan kami ini, agar sukses selalu, salam

Download bunyi burung dibawah ini:

Beberapa Suara Burung Untuk Masteran

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel