Resep Ronggolawe Untuk Mempercepat Mabung Pada Burung Pentet

 merupakan proses alami yang dialami hampir semua jenis burung kicauan termasuk burung pen Resep Ronggolawe Untuk Mempercepat Mabung Pada Burung Pentet
Mabung merupakan proses alami yang dialami hampir semua jenis burung kicauan termasuk burung pentet. Proses ini bisa berlangsung cukup lama, sehingga kadang menjadi hal yang membosankan bagi seorang kicaumania. Saat burung pentet mabung, biasanya burung akan lebih sering diam (tidak berkicau), bahkan yang semula pentet gacor, bisa mendadak membisu. Hal tersebut memang termasuk wajar, sebab pada ketika mabung burung pentet memang dalam kondisi yang kurang nyaman sehingga burung menjadi malas bunyi.

Burung pentet yang tengah memasuki masa mabung, biasanya ditandai dengan rontoknya bulu-bulu burung tersebut, biasanya bulu yang rontok berwarna kusam dan rusak. Nah kalau burung pentet sedang mengalami hal tersebut, ada beberapa tips yang diberikan oleh senior kami Ronggolawe wacana bagaimana mempercepat proses mabung burung pentet, semoga selama masa mabung, burung pentet Anda tetap dalam kondisi prima.

Berikut tips jitu mempercepat proses mabung burung pentet:
  • Saat mabung, berikan pentet extra fooding berupa ulat hongkong sebanyak 5-10 ekor pada pagi dan sore hari. Anda juga sanggup menambahkan 5 ekor ulat hongkong dari jumlah stelan harian yang biasa Anda berikan.
  • Untuk pakan kroto, bisa tetap Anda berikan. Namun dengan dosis cukup 1 sendok makan saja setiap pagi hari.
  • Karena proses mabung membutuhkan energi yang cukup besar, Anda bisa menawarkan vitamin untuk burung pentet Anda menyerupai Ebod Vit yang terbukti bisa menjaga keseimbangan badan burung dan juga untuk menjaga stamina selama mabung.
  • Pemberian EF dengan jumlah yang diluar biasanya berfungsi untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh. Sehingga dengan tercukupinya mineral, maka akan membantu untuk mempercepat pertumbuhan bulu-bulu baru.
  • Jika sudah mulai tumbuh bulu-bulu halus, maka dukungan EF dinormalkan kembali (porsi awal sebelum mabung) dan dilanjutkan dengan dukungan voer.
  • Selama mabung, Anda perlu melaksanakan penjemuran dibawah sinar matahari pagi selama 15 menit. Dan pastikan burung berada dalam kondisi lingkungan yang tenang. 
  • Jika sudah simpulan penjemuran, burung pentet kemudian diangin-anginkan selama 10 menit dan dikerodong pada siang dan malam hari..
  • Untuk pemandian, burung pentet mabung cukup dimandikan sekali seminggu. Untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu-bulunya dari serangan kutu dan penyakit lain, Anda bisa menawarkan shampoo Jati Jajar atau Sampoo lainnya yang mengandung Aloevera (lidah buaya).
  • Satu hal penting lagi yang harus Anda lakukan ialah dengan selalu memperhatikan kebersihan kandang. Lakukan pencucian paling tidak 1 kali setiap hari. Cuci higienis kerodong kalau memang sudah waktunya, untuk menghindari jamur yang bersarang di kerodong.
  • Jika burung pentet telah simpulan mabung, berikan pelengkap Ebod Joss semoga burung tetap dalam kondisi prima.
Keberhasilan proses mabung burung pentet ditentukan dari kedisiplinan Anda dalam merawatnya. Kaprikornus kalau hal tersebut Anda lakukan dengan benar, pasti burung Anda sudah akan lebih cepat melewati  proses mabungnya dan akan kembali berkicau gacor menyerupai dulu lagi.
Comments