Tips Biar Burung Pleci Cepat Buka Paruh

Setiap kicaumania pasti sudah tau bagaimana pleci begitu bisa diandalkan sebagai burung gacoan di banyak sekali lomba burung. Pleci mempunyai keunikan tersendiri dibanding dengan jenis burung lainnya, burung yang mempunyai postur badan kecil ini memang tidak perlu diragukan lagi kicauannya, meskipun kecil, burung pleci bisa menghasilkan suara-suara yang merdu dan nyaring. Pantas kalau para kicaumania beranggapan kalau pleci ialah burung yang wajib dipelihara, baik oleh pemula bahkan hingga master sekalipun.

Setiap kicaumania pasti sudah tau bagaimana  Tips Agar Burung Pleci Cepat Buka Paruh

Namun tahukah Anda kalau untuk mendapat pleci yang gacor ngeroll itu butuh waktu yang tidak sebentar? Belum lagi kalau harus membeli pleci yang sudah berkarakter, pastinya harga burung pleci bisa menjadi sangat mahal dipasaran. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatuur, bergotong-royong ada trik-trik khusus yang bisa Anda coba supaya burung pleci cepat buka paruh. Ingin tahu caranya? Berikut, tips supaya burung pleci cepat buka paruh dan ngeroll.
  1. Pilih bakalan atau ombyokan pleci jantan. Anda bisa membelinya di pasar burung atau tiba pribadi kepeternak. Lebih manis lagi kalau burung tersebut berasal dari trah jawara, alasannya akan lebih gampang untuk dilatih.
  2. Hentikan pertolongan pakan voer dan buah. Sebagai gantinya Anda bisa memperlihatkan ef berupa ulat kandang, dengan takaran 1/2 cepuk (tempat makan). Selain itu beri juga susu kental manis di siang harinya.
  3. Lakukan penjemuran pada kawasan yang tak terlalu terkena sinar matahari langsung, ibarat dibawah pepohonan, Jemur burung mulai dari jam 5 hingga jam 9 pagi. Dan selama penjemuran Anda bisa memaster burung pleci dengan suara-suara dari burung kicauan lainnya atau memakai mp3 bunyi burung (audio) selama kurang lebih 1 jam.
  4. Untuk malam hari nya, dikala burung akan tidur, pastikan bahwa sangkar tidak dalam kondisi di krodong, dan gantung di kawasan yang tinggi. Dan lakukan hal tersebut secara berulang setiap harinya.
  5. Jika burung pleci mulai buka paruh, kemudian ubah sajian makanannya dengan buah pisan, susu (siang hari) dan madu (malam hari), serta berikan ef berupa ulat sangkar 1 sendok teh. 
Demikianlah tips supaya burung pleci cepat buka paruh yang bisa kami sampaikan. Dengan perlakukan atau perawatan burung pleci yang rutin, pasti dalam beberapa bulan saja, Anda akan melihat hasilnya, burung pleci Anda buka paruh dan berkicau ngeroll.
Comments