Tips Cara Membedakan Burung Anis Merah Jantan Dan Betina

Burung anis merah merupakan jenis burung petarung di ajang kontes burung kicauan. Burung anis merah yang sudah gacor tentu menjadi pujian bagi pemiliknya, selain sanggup memenangi kontes, jikalau burung anis merah gacor dijual tentunya harganya bisa sangat bagus, mencapai puluhan juta.

Burung anis merah merupakan jenis burung petarung di ajang kontes burung kicauan Tips Cara Membedakan Burung Anis Merah Jantan dan Betina
Namun tahukah anda jikalau burung anis merah yang bisa berkicau dengan merdu hanyalah burung anis merah jantan? Maka dari itu, jikalau anda berencana untuk memelihara burung anis merah, maka pilihlah yang jantan anakan/trotolan.

Untuk mengetahui jenis kelamin burung anis merah jantan dan betina, bersama-sama rada-rada sulit, Secara kasat mata, anis merah jantan dan betina sanggup dibedakan dari warna pada sayapnya. Biasanya trotolan anis merah jantan mempunyai sayap yang lebih mengkilap dari betina, selain terdapat pula warna kekuningan pada bab sayapnya. Nah biar lebih jelas, berikut tips cara membedakan burung anis merah jantan dan betina:

Ciri Fisik Burung Anis Merah Jantan
  • Wana merah pada bulu burung anis merah jantan umumnya lebih terang dan warna hitamnya lebih pekat
  • Tulang supit pada anis merah jantan, jikalau raba akan terasa lebih runcing.
  • Jika dipertemukan dengan anis merah betina, kepala/leher burung jantang akan lebih sering mendangak keatas.
  • Jika bab anusnya (bulu putih disekitar anus) disemprotkan air, maka akan menjelma putih keruh atau berwarna kekuningan.
Selain itu ciri-ciri burung anis merah jantan juga bisa dilihat dari bentuk kepalanya yang lonjong, ekor berbentuk aksara M, jari kaki dan leher yang panjang, sayap yang mengepit rapat, lubang hidung yang panjang dan lebar serta sobekan paru yang terlihat menyerupai mengenai mata.

Ciri Fisik Burung Anis Merah Betina
  • Trotolan burung anis merah betina biasanya berwarna pucat dan disertai dengan warna kekuningan pada sayapnya dan jumlahnya biasanya berjumlah kurang lebih 5-6 helai.
  • Ciri lainnya ialah kebalikan dari burung merah jantan.
Demikianlah tips cara membedakan burung anis merah jantan dan betina. Semoga dengan ini, anda bisa terhindar dari agresi pedagang burung anis merah nakal.
Comments