Skip to main content
×

Tips Cara Mengatasi Kebotakan Pada Burung Kenari

Masalah burung kenari yang mengalami kebotakan atau rontok serta tidak tumbuh bulu lagi, yaitu problem  yang umum dihadapi oleh penangkar burung terutama kenari. kenari betina yang telah produksi dua-tiga kali umumnya yang kerap alami problem kebotakan tersebut.

 atau rontok serta tidak tumbuh bulu lagi Tips Cara Mengatasi Kebotakan Pada Burung Kenari
Pemicu kebotakan pada kenari itu sendiri sanggup dikarenakan oleh banyak hal, umpamanya karena kutu atau tungau, nanah jamur serta basil pada kulit serta bulunya, burung yang alami keadaan stress atau terlampau birahi sampai mencauti bulunya sendiri da juga dikarenakan oleh burung yang kekurangan iodium.

Tips Mengatasi Kebotakan Pada Kenari 

Sampai sekarang masakan yang kerap diberikan pada burung ibarat kenari maupun finch umumnya mempunyai kekurangan kandungan iodium, ketika iodium ditambahkan secukupnya ke rujukan makanannya, sebagian ahad kemudian sanggup di pastikan bulu-bulu jarum bakal mulai berkembang pada sisi tubuh burung yang alami kebotakan tersebut.

Ada cara-cara untuk menambah iodium ini dalam makanan, yakni:
  • Memberikan parutan tulang sotong pada masakan atau sayuran hijau yang diberikan pada burung yang alami keadaan kebotakan tersebut, Tulang Sotong serta Tulang Tiram yaitu sumber iodium yang bermanfaat untuk keperluan kalsium dari burung terhitung iodium. 
  • Berikan Suplemen mineral, kalau beberapa cara di atas tetap belum cukup untuk bulu-bulu gres burung tumbuh kembali, maka tahap selanjutnya ialah berikan larutan Mineral yang mempunyai kandungan banyak unsur ibarat kalsium, Iodium, phosphor, Kalium serta seluruh zat yang dibutuhkan untuk kembalikan keadaan burung ibarat awal mulanya. 
Bila setelah 3 ahad mengaplikasikan beberapa cara di atas serta burung kenari tetap belum juga menumbuhkan bulu jarumnya maka kebotakan tersebut berlangsung bukan hanya karena kekurangan Iodium, serta itu artinya ada problem hormon dalam tubuh burung betina tersebut atau problem yang kemungkinan berlangsung lantaran:
  • Kekurangan Nutrisi, yaitu argumen utama pemicu kebotakan pada burung betina. 
  • Dalam ketika meloloh anakan, indukan yang tengah berikan makan anaknya bakal kehilangan sebagian bulu di lebih kurang paruhnya. 
  • Infeksi Bakteri. Infeksi tungau, Bakteri, Jamur serta Parasit sanggup mengakibatkan sebagian bulu berjatuhan serta pada beberapa area bakal terlihat kebotakan yang rata. untuk mengobatinya burung baiknya disimpan dalam sangkar karantina dulu kemudian dibikin bersih/disemprot dengan FreshAves begitupun dengan sangkarnya yang mesti dibikin higienis dulu dengan FeshAves untuk menyingkirkan basil atau benalu lain yang menempel pada sangkar.
  • Serangan Tungau Kantung Udara. Infeksi tungau kantung udara (Air Sac Mite) juga yaitu komplikasi kemungkinan terjadinya kebotakan pada burung karena burung ada di bawah garis stress. kalau burung terkena nanah tungau tersebut maka jalur hanya satu ialah berikan penyembuhan secepatnya karena hal tersebut sanggup berikan imbas yang negatif pada perubahan kesehatannya terhitung salah satunya ialah tidak sanggup bersuara.
Pengembang biakan atau penangkaran ini tidak bakal barangkali dikerjakan kalau burung kenari betina alami kebotakan, alasannya yaitu mereka tidak masuk dalam keadaan Breeding/siap berkembang biak.

Pada awalannya cuma beberapa kepalanya saja yang alami kebotakan namun kalau tidak di ambil agresi dengan lekas maka semua kepalanya bakal jadi botak.

Dengan langkah pencegahan serta penyembuhan ibarat sudah dijelaskan di atas, serta setelah burung mulai menumbuhkan bulu barunya, burung betina tersebutpun telah siap untuk berkembang biak.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar