Tips Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaki Burung Kenari

Kicausejati.com - Halo sahabat Kicausejati, kali ini kami akan membahas bagaiman cara menghilangkan jamur pada kaki burung kenari. Salah satu permasalahan dari merawat burung kenari bukanlah susah menjadi gacor, melainkan satu penyakit atau lebih tepatnya jamur yang sering kali menyerang kaki burung kenari tersebut. Hal ini mungkin saja bukan persoalan besar bagi sebagian orang yang sudah usang mengenal atau penghobi burung kenari. Namun ini menjadi persoalan serius terutama bagi pencinta burung kenari yang bisa dibilang pemula. Paktor perawatan harian yang kurang maksimal yaitu faktor terbesar yang menyebabkan jamur menyerang kaki burung kenari. 


 kali ini kami akan membahas bagaiman cara menghilangkan jamur pada kaki burung kenari Tips Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaki Burung Kenari

A. Penyebab Jamur Pada Kaki Kenari
Perlu sahabat ketahui, burung kenari yang kita pelihara pastinya mengeluarkan kotoran. Biasanya terdapat kotoran yang melekat pada tangkringan didalam sangkar, selain itu pada ganjal kandang pun bertebaran kotorannya yang tak menutup kemungkinan terinjak oleh kaki burung kenari menyerupai kotoran yang melekat pada tangkringannya.



Kondisi kandang yang kotor, dan juga tangkringan yang banyak terdapat kotorannya yaitu pemicu hadirnya jamur yang menyerang kaki burung kenari kesayangan kita. Keadaan kandang atau tangkringan yang berair juga lembab lebih memperburuk keadaan dan memperbesar peluang jamur menyerang.Jika keadaan tersebut berlangsung lama, selain ancaman kotoran burung untuk kesehatan, ancaman jamur pun sekarang mengancam kaki burung untuk bertengger. Bukan hanya untuk burung bakalan dan burung rumahan, hal ini juga berlaku untuk burung lapangan yang bahkan sering menjuarai lomba. Namun bedanya, perawatan mereka lebih serius terutama dalam memperhatikan kebersihan kandang dan kesehatan burung sehingga peluang jamur untuk menyerang kaki kenari sangat kecil bahkan hampir tidak ada.

Lalu bagaiman jikalau burung kenari yang kita rawat sudah terlanjur kakinya berjamur. Tidak usah cemas, simak terus artikel kami ini sebab sudah kami utarakan beberapa tips dari sahabat kenarimania untuk mengatasinya dan mencegahnya tiba kembali.

B. Tips Cara Menghilangkan Jamur Pada Kaki Burung Kenari
Selain burung yang terlihat tidak nyaman, kita sebagai pemiliknya pun merasa kasihan melihat kondisi menyerupai itu. Untuk itu kita harus segera melaksanakan tindakan untuk menyembuhkan atau menghilangkannya.
  1. Pertama tangkap burung kenari yang kakinya terjangkit jamur. Hati-hati dalam menangkapnya jangan hingga burung merasa tidak nyaman hingga bulunya berjatuhan atau pun merasa kesakitan.
  2. Bersihkan kaki burung kenari yang terdapat jamur dengan air hangat, bisa dengan cara di rendam.
  3. Keringkan dengan kain higienis atau cukup di angin-anginkan.
  4. Jika sudah kering, cuci atau oleskan minyak tanah dan biarkan kering lagi.
  5. Oleskan salep kulit pembasmi jamur dan biarkan hingga tak terlihat basah.
  6. Bersihkan kandang dari kotoran hingga ke sudut-sudutnya. Jangan lupa pastikan tangkringannya pun dicuci higienis kemudian keringkan.
  7. Masukan kembali burung yang sudah diobati tadi,
  8. Sebaiknya burung tidak dimandikan dulu minimal sehari.
  9. Ulangi hal diatas 1 atau 2 hari kemudian hingga jamur pada kaki burung kenari benar-benar bersih.
C. Langkah Pencegahan Jamur Pada Kaki Burung Kenari
Langkah pencegahan ini ditunjukan untuk burung kenari yang belum terjangkit jamur atau yang sudah pulih dan terbebas dari jamur. Berikut ulasannya :
  1. Pastikan kandang dan tangkringan selalu dalam keadaan higienis dan terbebas dari kotoran yang menempel.
  2. Usahakan kandang terutama tangkringan tidak dalam keadaan lembab atau berair selagi burung tidak dijemur.
  3. Ganti pakan dan air minumnya setiap pagi dan sore hari serta buat cepuknya selalu bersih.
  4. Selalu menjaga kesehatan burung semoga tetap fit, berikan multivitamin untuk membantunya.
  5. Kerodong burung harus di cuci terencana semoga tidak ada virus yang bersarang.
Jika sudah melaksanakan pencegahan, sudah sanggup dipastikan bahwa jamur tidak akan bisa menyerang kaki kenari kesayangan kita. Itulah beberapa tips dari kami, semoga senantiasa bermanfaat untuk kita semua, jikalau ada yang sahabat tanyakan silahkan jangan ragu untuk bertanya. Terimakasih telah menyimak artikel sederhana kami ini, sukses selalu. Salam Kicausejati.com  
Download Mp3 dibawah ini:
Beberapa Suara Burung Untuk Masteran

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel