Tips Jitu Membersihkan Kolam Mandi Burung Dari Kotoran, Karat Dan Jamur

Anda mungkin pernah memiliki permasalahan bak mandi burung yang kotor (sulit dibersihkan), berkarat atau berjamur. Ya, hal tersebut dapat saja terjadi alasannya yaitu kebiasaan Anda dalam menyimpan kolam mandi burung diluar ruangan, atau alasannya yaitu kurang higienis dikala membersihkan. Akibatnya, peralatan/bak berdikari burung akan menjadi cepat rusak/kropos alasannya yaitu karat yang melekat pada kolam mandi burung (jika terbuat dari materi seng).


Nah, sebagai solusinya, anda dapat memanfaatkan asam sitrun biar kolam berdikari burung dapat terbebas dari kotoran, karat ataupun jamur yang menempel. Berikut cara membersihkan kolam berdikari burung dengan asam sitrun.

1. Bahan yang diperlukan:
  • Asam sitrun 1 bks
  • Kuas bersih
  • Sikat gigi
  • Spons
2. Cara membersihkan kolam mandi burung dengan asam sitrun:

Tuangkan serbuk asam sitrun ke seluruh permukaan kolam mandi burung yang terkena kotoran membandel, karat ataupun yang berjamur. Basahi dengan dengan sedikit air (hingga larut) dan kemudian diamkan selama kurang lebiih 5 - 15 menit.


Gosok kolam mandi burung secara perlahan memakai kuas dan spons secara bergantian. Untuk sudut yang sulit dijangkau atau susah di bersihkan, anda dapat memakai sikat gigi dan gosok dengan kuat. Selanjutnya bilas dengan air bersih, atau dengan air panas untuk membasmi jamur-jamur maupun kuman yang menempel, kemudian jemur diterik mahari sampai kering. Dengan cara ini, kolam mandi burung Anda sudah terbebas dari kotoran membandel, karat ataupun jamur.


Selain memakai asam sitrun, minuman bersoda atau "Cola" dapat dijadikan materi tepat untuk menghilangkan karat pada kolam mandi burung. Cara menggunakannya sama saja dengan memakai asam sitrun.

Credit Images: kicaumania.or.id
Comments