Tips Merawat Murai Watu Liar Tangkapan Hutan (Muda Hutan)

Cara perawatan Murai Batu Muda Hutan sesungguhnya benar-benar simpel, kita cuma cukup hindari tindakan-tindakan yang bakal menaikkan tingkat stressnya.
    tindakan yang bakal menaikkan tingkat stressnya Tips Merawat Murai Batu Liar Tangkapan Hutan (Muda Hutan)
  • Gantangkan Murai Batu di area yang tenang, tidak kerap dilalui orang, jauh dari suara-suara bising atau yang sanggup mengagetkannya, mempunyai sirkulasi hawa yang baik serta tidak terlampau panas (diatas 26 derajat C) ibarat dibawah atap seng. 
  • Pada awal datang dirumah sanggup pakai krodong dahulu sepanjang kurang lebih 1minggu. Berikanlah multivitamin pada air minum apabila di rasa butuh berikanlah juga antibiotic untuk langkah antisipasi, karena kita tidak tau keadaan kesehatan Murai Batu yang sesungguhnya pada waktu kita beli. Ubah air minum serta bersihkan tempatnya dari endapan vitamin tiap-tiap hari. 
  • Jangan terburu-terburu untuk memperkenalkan Murai Batu Muda Hutan dengan lingkungan yang ramai. Akhirnya bukan hanya Murai Batu jadi jinak namun kekuatan adaptasinya jadi lambat serta yang lebih kronis tingkat stressnya sanggup jadi makin tinggi. 
  • Tidak butuh tergesa-tergesa mengajari Murai Batu Muda Hutan ngevoer Berikanlah saja pakan kegemaran dia, ibarat jangkrik, kroto, belalang, Ulat Hongkong (UH), UB atau yang yang lain. Berikanlah makanan dengan jumlah yang cukup serta mutu yang baik (jangkrik yang sehat, kroto fresh/tidak basi, dan lain-lain). 
  • Jika pingin menjemur Murai Batu, jemurlah sebentar pada pagi hari. 
  • Kalau ada indikasi Murai Batu kutuan, tidak butuh terburu-buru untuk menyembuhkan dengan obat kutu, terutama yang disemprotkan dengan air. 
  • Intinya tunggu dengan sabar hingga gejala stress hilang. Indikasinya, Murai Batu Muda Hutan tampak tenang, sehat, aktif, sorot matanya higienis serta syukur-syukur mulai ngriwik atau ngeplong. 

Mengajari Murai Batu Muda Hutan Makan Voer (Ngevoer) 

  • Tentukan voer yang ibarat untuk Murai Batu serta upayakan yang simpel mendapatkannya di area kita. 
  • Haluskan voer serta simpan didasar cawan kemudian input kroto pada sisi atas. Pada step awal tidak butuh diaduk.  
  • Sesudah kurang lebih 7 hari cobalah aduk kroto dengan voer halus dengan komposisi semakin banyak kroto dari pada voernya. 
  • Cobalah tingkatkan porsi voer dengan cara sedikit demi sedikit tiap-tiap hari. 
  • Sesudah meyakini Murai Batu akan makan voer ditandai dengan warna kotorannya, gres letakkan voer serta kroto pada cawan terpisah. 

Penentuan Sangkar Murai Batu Muda Hutan

Kami biasa memakai kandang yang tidak terlampau besar pada perawatan awal Murai Batu Muda Hutan. Tujuannya untuk meringankan mengajari Murai Batu keluar masuk kandang ke keramba mandi.

Tips Memandikan Murai Batu Muda Hutan

Pada step awal input cepuk mandi ke dalam kandang pada pagi hari. Letakan pada posisi cepuk tidak terkena kotoran, Semprot halus Murai Batu dengan sprayer, tidak butuh berair serta tinggalkan saja. Lakukan tiap-tiap hari hingga beliau akan mandi sendiri dalam cepuk. Sesungguhnya untuk mandi kita tidak butuh mengajari, karena Murai Batu bila telah didis dengan cara naluriah bakal mandi sendiri.

Bila telah punya kebiasaan mandi dalam cepuk, cobalah sampaikan masuk ke dalam keramba mandi. Kami biasa meninggalkan cukup 1 tangkringan saja serta memindahkannya ke depan pintu sangkar. Biasaya dengan sedikit menggusah Murai Batu bakal melompat masuk keramba mandi.

Kapan Murai Batu Muda Hutan mulai sanggup dimandikan? Kami biasa mengawalinya sehabis gejala stress telah tidak tampak lagi serta meyakini Murai Batu Muda Hutan telah sehat. Ada perkiraan sesungguhnya gres sanggup dimandikan sehabis Murai Batu ngevoer, berdasarkan kami tidak seutuhnya benar. Karena kami sempat merawat Murai Batu Muda Hutan hingga bertahun-tahun belum akan ngevoer.

Penjinakan Murai Batu Muda Hutan

Simpan kandang di lantai tiap-tiap kita berikan pakan/EF. Bila Murai Batu mulai damai awalilah kenalkan dengan keramaian dengan cara bertahap. Gantang dari jauh dahulu sembari tiap-tiap sekian hari didekatkan. Untuk jinak keseluruhan sesungguhnya kecil sekali kemungkinannya, namun sekurang-kurangnya Murai Batu Muda Hutan sanggup menyesuaikan serta mentoleransi keramaian.

Cara Penjemuran Murai Batu Muda Hutan 

Kami biasa keluarkan Murai Batu pagi-pagi sekali sebelum ketika matahari bercahaya serta menggantangnya di area dimana kalau cahaya matahari pertama memancar impulsif wacana Murai Batu. Pada step awal cukup jemur sebentar saja (lebih kurang 30 menit). Tiap-tiap sekian hari selalu ditingkatkan usang penjemurannya. Butuh diingat janganlah menjemur Murai Batu hingga mangap serta terlihat terengah-engah, itu tandanya Murai Batu terkena Heat Stress.

Usia Berapakah Murai Batu Muda Hutan Mulai Ngeplong

Tidak ada batasan pasti. Seluruhnya bergantung talenta Murai Batu serta contoh perawatan Murai Batu yang sesuai. Asal murai kerikil sehat dengan cara fisik serta mental “Pasti Bunyi”.
Comments