Tips Perawatan Burung Parkit Dan Cara Meracik Pakan Burung Parkit

Sebagai burung kicauan dan sekaligus burung yang populer dengan bulu-bulunya yang indah, burung parkit merupakan salah satu burung yang paling banyak dipelihara oleh orang. Sifat burung ini cenderung manja dan ramah dengan keberadaan insan sehingga sangat digemari sebagai burung peliharaan. Namun disisi lain burung ini mempunyai kualitas bunyi yang sangat bagus, makannya tidak heran kalau burung parkit kerap di buru oleh kicaumania.

Sebagai burung kicauan dan sekaligus burung yang populer dengan bulu Tips Perawatan Burung Parkit dan Cara Meracik Pakan Burung Parkit
Burung parkit mempunyai keistimewaan lain. Burung yang berukuran mini ini, sangat gampang dilatih untuk sanggup melaksanakan banyak sekali attraksi yang memukau. Selain itu, burung parkit juga sanggup dipercaya sebagai burung mastera untuk murai kerikil dan burung cendet, karena burung ini mempunyai aksara bunyi yang khas yang sanggup menirukan bunyi burung-burung lain, sehingga mempunyai banyak variasi bunyi untuk dijadikan masteran. Agar bisa menjadi masteran yang berkualitas, burung parkit perlu mendapat perawatan yang rutin dan kontribusi pakan yang tepat.

Berikut tips perawatan harian burung parkit dan cara meracik pakan burung parkit:
  • Umumnya setiap burung menyukai cahaya matahari pagi, tak terkecuali dengan burung parkit. Secara fisik ini, cahaya matahari pagi sanggup membantu dalam metabolisme badan burung dan memperkuat tulang burung parkit, maka dari itu lakukan penjemuran selama 2-3 jam pada pukul 08.00 - 10.00 dan dilanjutkan dengan pemandian memakai spryer (semporatan) kemudian diangin-anginkan sampai seluruhnya bulunya kering.
  • Racik pakan asing untuk burung parkit. Biasanya burung parkit sangat menyukai biji-bijian, millet, buah, sayuran buah apel, semangka, jagung muda dan sayuran hijau ibarat brokoli. Anda sanggup meracik pakan burung parkit dengan adonan 2-3 jenis pakan buah/sayur, yang di potong keci-kecil biar gampang ditelan oleh burung.
  • Untuk extra fooding nya, Anda bisa mencampur pakan utama dengan telur rebus yang sudah dihancurkan.
  • Pemberian tulang sotong juga perlu dilakukan bersamaan dengan pakan utama burung parkit. Cara racikannya ialah tulang sotong dihancurkan/dicincang sampai mendapat butiran yang kecil, kemudian dicampurkan dengan pakan utama. Tujuannya untuk melancarkan percernaan burung parkit. Atau bisa juga dengan cara menjemur tulang sotong sampai kering, kemudian di tumbuk  setengah halus dan diberikan kepada burung parkit.
Perawatan burung parkit yang sempurna dan pemilihan masakan yang sehat akan berdampak pada kualitas burung parkit termasuk kicauannya. Jadi, rawatlah burung parkit Anda dengan baik biar menjadi sesuai dengan yang Anda harapkan.
Comments