7 Burung Kicau Termahal di Indonesia, Harganya Bisa Buat Beli Rumah!

Kicau Sejati, Burung kicau selain menjadi komoditi pecinta burung juga menjadi ladang bisnis bagi sebagian orang karena harganya yang mencapai ratusan juta. Bahkan, dengan harganya yang fantastis itu bisa membeli sebuah mobil mewah maupun rumah. Dan banyak yang rela menukar rumah dengan seekor burung kicauan yang mahal.

Burung Kicau Termahal di Indonesia

7 Burung Kicau Termahal di Indonesia

Di Indonesia sendiri banyak penghobi burung kicau, termasuk event atau ajang perlombaan kicau burungnya. Hal itu membuat pemilik burung dengan kemampuan kicau yang bagus akan memberikan kebanggan tersendiri bagi pemiliknya dan bahkan bisa menjadi jawara pada ajang lomba kicau.

Alhasil, membuat burung-burung dengan kicau yang bagus seperti Murai Batu, Kenari, Jalak, dan masih banyak lagi memiliki harga yang fantastis. Hal itu membuat burung kini tidak hanya sebagai peliharaan saja melainkan menjadi investasi yang menjanjikan.

Berikut ini 7 burung kicau termahal di Indonesia yang sudah admin rangkum:

1. Burung Murai Batu

Murai batu menjadi salah satu burung yang menjadi andalan dalam banyak ajang lomba kicau burung. Hal itu dikarenakan burung dikenal sebagai burung dengan kemampuan kicau yang memukau dan memiliki bentuk dan warna tubuh yang indah.

Burung mungil ini habitat aslinya adalah di Pulau Sumatra, Jawa, dan juga Malaysia. Harga Murai Batu yang masih biasa saja bisa menyentuh angka Rp2 juta. Dan, untuk burung yang sudah menjuarai beberapa ajang bisa menyentuh angka Rp50 hingga Rp800 juta.

2. Burung Cucak Rowo

Burung ini secara tampilan mungkin biasa-biasa saja, tapi kualitas kicauan burung ini tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Burung ini juga menjadi salah satu primadona bagipenghobi burung kicau di Indonesia.

Cucak Rowo biasa bisa dijual dengan harga Rp2-5 juta. Sedangkan untuk yang sudah spesifikasi juara lomba bisa menyentuh angka Rp25 juta.

3. Burung Kacer

Burung Kacer dsebut juga sebagai burung peniru atau Jalak Poci. Hal itu dikarenakan burung ini memiliki kemampuan untuk menirukan kicauan burung lain. Karakter kicauan burung ini adalah nyaring sehingga burung ini menjadi unggulan tiap lomba kicau burung.

Harga burung Kacer biasa adalah Rp500 ribu hingga Rp1 juta. Namun, untuk Kacer dengan portofolio bagus pada lomba kicau bisa dihargai hingga puluhan juta.

4. Burung Jalak Suren

Burung endemik India dan Asia Tenggara ini memiliki ukuran tubuh yang cukup besar dibandingkan burung kicau yang lainnya. Ciri khas burung ini adalah warna bulunya hitam dan putih dan memiliki warna mata dan paruh yang merah keoranyean.

Jalak Suren ini juga termasuk salah satu burung yang sudah terancam kepunahan di habitatnya. Namun, burung ini sudah banyak yang bisa mengembangbiakan sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar tanpa harus berburu ke alam. Harga Jalak Suren ini bisa menyentuh angka Rp4-5 juta.

5. Burung Kenari

Burung ini menjadi salah satu burung kegemaran penghobi burung di Indonesia. Badanya, yang mungil dan warnanya yang mencolok membuat burung ini sangat indah jika dilihat. Selain itu, kicauan burung ini sangat memukau dan nyaring, sehingga membuat burung ini sering menjadi jawara kicau.

Burung ini juga terbilang mudah dirawat dan tidak mahal untuk perawatannya. Harga Kenari dengan gelar juara bisa mencapai puluan juta, dan untuk Kenari biasa bisa dijual dengan harga Rp300 ribu hingga Rp1 juta.

6. Anis merah

Burung anis merah termasuk burung kicau termahal di Indonesia suaranya yang sangat merdu, gerak yang lincah, dan tampilan yang sangat cantik.

Hanya perlu polesan dan ketekunan saat melatih, burung dengan harga mulai dari Rp500.000 hingga Rp1.000.000 ini bisa menjuarai berbagai kompetisi.

7. Burung Lovebird

Kalian mungkin pernah mendengar Lovebird fenomenal yang harganya mencapai Rp. 2,2 miliar. Burung tersebut bernama Kusumo. Dulu pada eranya, burung ini terkenal memiliki kestabilan di lapangan prlombaan, dengan suara kicau panjang serta memiliki jeda kicau yang rapat.

Tetapi sekarang Lovebird kusumo telah meninggal, dan digantikan oleh Lovebird konslet, LOVEBIRD BATMAN serta yang lainnya. Pengganti Lovebird kusumo mungkin tidak akan pernah ada. Namun, Lovebird yang sudah memiliki banyak prestasi seperti Kusumo sudah mulai bermunculan.

Ada lagi Lovebird warna atau Lovebird beauty, Lovebird ini mengunggulkan keindahan warnanya. Berbicara soal keindahan warnanya, belum lama ini Lucky Hakim(artis) membeli Lovebird Dun Fallow dengan harga Rp 280 juta.

Bisa kita artikan bahwa bisnis di dunia burung Lovebird juga sangat menjanjikan. Jika, dilihat dari harganya yang mahal serta fantastis. Apakah kalian tertarik menjadi pengusaha burung Lovebird? Jika tertarik maka kalian harus mengetahui seperti apa ciri-ciri Lovebird dengan kualitas unggul.  

Baca juga: Manfaat Dan Cara Mandi Sauna (Jemur Kerodong Basah) Untuk Lovebird

Itulah 7 burung kicau termahal yang ada di Indonesia yang menjadi primadona bagi para penghobi burung. Burung yag mahal tentu karena kualitas kicaunya yang bagus dan telah menang dalam banyak lomba. 

FAQ

Burung yang paling langkah di dunia?

  • Bahama Nuthatch. 
  • Stresemann's Bristlefront.
  • Merpati Tanah Bermata Biru. 
  • Antioquia Brushfinch. 
  • Imperial Amazon.

Burung apa yang tercepat di dunia?

Alap-alap kawah: 390 km/jam. Alap-alap kawah atau Peregrine Falcon dalam bahasa Inggris adalah salah satu spesies alap-alap berukuran besar, dengan panjang sekitar 50 cm. Burung ini memiliki bulu berwarna hitam, kelabu dan biru, berparuh kuning besar dengan ujung hitam lancip dan berekor pendek.

Burung apa yang paling berbahaya di dunia?

Kasuari (Casuarius) adalah satu-satunya anggota keluarga Casuariidae. Tiga spesiesnya, masing-masing dengan beberapa ras, hidup di Australia dan New Guinea. Kasuari telah dikenal dapat membunuh manusia dengan pukulan kakinya.