5 Sungai Paling Berbahaya di Dunia, Banyak Memakan Korban!

Kicau Sejati, Hilangnya putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, yakni Emmeril Khan Mumtadz alias Eril yang terseret arus ketika sedang berenang di Sungai Aare, Swiss, pada Kamis (26/5/2022) masih menyisakan duka mendalam bagi keluarga Kang Emil.

Sungai Paling Berbahaya di Dunia

Seluruh masyarakat Indonesia turut mendoakan agar Eril dapat ditemukan segera. Pasalnya, hingga saat ini, tim SAR dan kepolisian setempat masih mencari keberadaan putra sulung Kang Emil tersebut. 

Sungai Aare sendiri dikenal sebagai sungai terpanjang di ibu kota Swiss yang panjangnya mencapai 288 kilometer saat musim panas. Saat kejadian saksi mata atau teman dari Eril mengatakan bahwa arus sungai sangat deras.

Namun, kita patut waspada jika berenang di sungai, karena banyak kejadian air sungai yang tenang tiba-tiba menjadi deras dan bisa memakan korban. 

5 Sungai Paling Berbahaya di Dunia

Selain dari Sungai Aare, berikut ini adalah 5 sungai paling berbahaya di dunia yang dikutip dari berbagai sumber: 

1. Sungai Amazon 

Bisa dikatakan paling berbahaya karena letak sungai yang membelah hutan tropis terbesar di dunia, yakni Amazon. 

Panjang sungai mencapai 6.436 kilometer dan keberadaan hutan lebat di sekitarnya menambah kesan seram bagi sungai tersebut.

2. Sungai Kongo, Afrika

Termasuk sebagai sungai terdalam di dunia dengan kedalaman yang mencapai 219 meter. Karena sangat dalam hingga tidak dapat ditembus cahaya, tentunya tidak disarankan untuk diselami wisatawan.

Dengan panjang 6,4 kilometer, anak sungai dari Sungai Amazon ini merupakan satu-satunya sungai mendidih di dunia. Bahkan, suhu air di sungai ini berkisar antara 45 derajat hingga hampi 100 derajat celcius.

3. Sungai Mississippi, Amerika Utara

Sungai terpanjang di Amerika Utara ini cukup berbahaya karena menjadi habitat hiu banteng dan ikan pike. 

Sungai Mississippi ini juga kerap terjadi arus bawah yang mengejutkan dan tidak dapat diprediksi sehingga mampu menelan perenang.

4. Sungai Nil

Hampir semua orang sudah tidak asing lagi dengan Sungai Nil, yang dinobatkan sebagai sungai terpanjang di dunia.

Sungai Nil merupakan rumah bagi sejumlah besar predator, termasuk buaya yang bergerak cepat dan bisa membunuh sekitar 200 orang setiap tahunnya.

5. Sungai Wharfe, Inggris

Meskipun dari atas tampak indah, namun Sungai Wharfe adalah salah satu sungai yang paling berbahaya di dunia.

Alasannya adalah sungai ini terkenal sebagai rumah bagi terowongan tersembunyi yang tak terhitung dan dapat menyedot orang.

Baca juga: 7 Burung Kicau Termahal di Indonesia, Harganya Bisa Buat Beli Rumah!

Nah, itulah daftar sungai paling berbahaya di dunia. Seluruh masyarakat Indonesia turut mendoakan semoga putra sulung Kang Emil segera ditemukan. Dan untuk keluarga korban semoga diberi kesabaran dan ketabahan, Amin...