Tips Memancing di Laut

Kicau Sejati, Bagi para mancing mania memancing di laut menjadi tantangan tersendiri karena sensasi strike yang berbeda. Tidak seperti memancing ikan di sungai atau danau, laut dengan ombaknya memberikan sensasi berbeda kepada mereka yang hobi memancing. 

Tips Memancing di Laut

Namun, memancing di laut memerlukan persiapan khusus yang lebih banyak berbeda jika Anda memancing di sungai.

Tips Memancing di Laut untuk Pemula

Berikut ini adalah beberapa persiapan agar memancing di laut lebih efektif dan tentu saja aman:

1. Memilih Umpan

Anda dapat menggunakan umpan berupa cumi-cumi, udang, atau ikan kecil untuk memancing di laut. Umpan cumi-cumi yang telah dipotong-potong, dapat disebar saat kondisi air laut jernih agar banyak ikan berpindah ke tersebut. 

Sedangkan ketika kondisi perairan laut sedang keruh, kamu dapat memanfaatkan umpan berupa udang dan ikan kecil. Menurut sebagian para mancing mania, umpan yang paling efektif untuk mancing di tengah laut adalah cumi-cumi yang masih utuh. 

2. Perlengkapan Memancing

Karena banyak omabak dan medan cuaca yang tidak menentu memancing ikan di laut memerlukan perlengkapan yang lebih banyak. Beberapa hal yang wajib Anda bawa adalah alat pancing yang terdiri dari joran (tongkat pancing), senar yang kuat, rel, pelampung kecil, dan juga mata kail. 

Sebaiknya, pilihlah alat pancing yang benar-benar berkualitas dan tidak mudah rusak untuk mengatasi strike dari ikan yang besar. Selain itu, jaring kecil juga dibutuhkan untuk menangkap dan mengangkat ikan besar yang sudah terpancing. Tidak lupa juga kotak berisi es untuk menyimpan hasil tangkapannya.

3. Setelan Alat

Perhatikan setelan alat memancing di laut, karena ada dua model setelan alat pancing yang bisa Anda coba untuk memancing dengan kedalaman kurang dari 100 meter. 

  • Pertama adalah rangkaian umpan gantung, yaitu umpan yang posisinya  terletak di antara permukaan air laut dan dasar laut dengan memakai lebih dari dua mata kail. Rangkaian ini biasanya digunakan untuk memancing ikan barakuda, tongkol, dan bawal.
  • Setelan yang kedua, adalah rangkaian umpan di atas permukaan, yaitu umpan yang posisinya berada di bawah pelampung dengan jarak sekitar dua sampai tiga meter. Setelan ini biasanya digunakan untuk menangkap ikan layur dan cakalang.

4. Lokasi

Mengenal atau mengetahui tentang lokasi memancing adalah bekal wajib jika hendak memancing di laut. Lokasi yang tepat untuk memancing ikan di laut adalah wilayah yang banyak terdapat burung. Bila banyak burung yang mencari mangsa di permukaan laut, sudah pasti banyak ikan di sana.

Anda juga perlu tahu tentang tubiran laut. Tubiran laut adalah perbatasan laut dangkal dan laut dalam. Di lokasi ini, banyak ikan-ikan besar menunggu untuk dipancing. Selanjutnya, lokasi penuh karang. Lokasi ini cukup bagus untuk memancing ikan. Selain di tubiran laut, banyak ikan yang berada di lokasi penuh karang.

5. Perhatikan Keselamatan

Pastikan untuk mengutamakan keselamatan. Hindari memancing di laut ketika musim hujan atau angin muson barat sedang bertiup. 

Hal tersebut meningkatkan potensi kecelakaan karena banyak badai terjadi di tengah laut. Jadi sebaiknya Anda bisa bertanya pada warga sekitar atau cek kondisi musim di situs BMKG.

6. Pastikan Tubuh Terhidrasi dengan Baik

Hal yang tidak kalah penting ketika memancing di laut adalah memastikan tubuh kalia terhidrasi dan ternutrisi dengan cukup. Karena di laut biasanya cuaca sangat panas sehingga rawan terkena dehidrasi.

Kalian juga bisa membawa perbekalan makanan dari rumah sehingga bisa kalian makan ketika istirahat memancing.  Banyak kasus pemancing di laut pingsan karena lupa menjaga asupan air dan makanan ketika memancing

7. Perhatikan Kondisi Alam

Ini adalah yang paling penting sebelum memancing di laut, Anda tidak boleh memancing di laut saat bulan bersinar terang. Ini pengetahuan dasar yang harus diketahui semua pemancing jika Anda belum pernah memancing ikan di laut. 

Ketika bulan bersinar terang, kondisi air laut biasanya lebih cerah. Hal itu akan memudahkan ikan predator mencari mangsa ikan lainnya dan mengenali umpan pancing. Itu sebabnya, kamu tidak akan memperoleh hasil tangkapan maksimal.

Baca juga: Mancing Mujair Lobang

Nah itulah tips memancing di laut buat pemula yang wajib diketahui. Selamat memancing.